internet

Jumat, 18 Maret 2011

PERAWATAN SOFTLENS

Diposkan oleh cika wanda di 19.59 0 komentar



Cara memasang lensa kontak.

1. Cuci tangan anda dengan sabun lembut.
2. Pastikan sudah bebas dari lotion, deodoran, atau parfum yang bisa merusak lensa anda atau membuatnya tidak nyaman.
3. Keringkan tangan anda seluruhnya, lensa lunak bisa mendatar jika jari anda basah.
4. Jika anda mengerjakanya dekat bak cuci, tutup pembuanganya.
5. Keluarkan satu lensa dari tempatnya.
6. Periksa lensa dengan teliti untuk memastikan terhindar dari sobek, endapan, atau kotoran.

7. Jika anda melihat keganjilan, letakan lensa pada ujung jari telunjuk anda dengan lengkungan menghadap ke atas.
8. Untuk memasang lensa kontak lunak, tarik kebawah kelopak mata dengan jari tengah anda.
9. Mata melihat keatas hingga bagian putih mata anda terlihat.
10 Letakan lensa kontak perlahan pada bagian putih mata anda.
11. Jauhkan jari anda dan biarkan lensa didalam kelopak mata.

12. Kedipkan mata, dan lensa akan menuju kornea mata anda dengan sendirinya.


Cara melepas lensa kontak.



1. Cuci tangan anda.
2. Keringkan seluruh tangan anda.
3. Jika mata anda kering, sebelum anda melepaskanya teteskan mata anda dengan cairan lensa lubricant.
4. Gerakan lensa kebawah menuju bagian putih anda dengan jari.Tekan lensa dengan lembut dengan ibu jari dan telunjuk, dan angkat arahkan keluar dari mata anda.

Menyimpan lensa Kontak.
1. Letakan lensa kontak ditelapak tangan lalu beri 2 sampai 3 tetes solution ( cairan pemebrsih khusus lensa kontak ), kemudian gosok dengan ujung jari telunjuk (searah) Bilas lensa kontak tersebut dengan solution.
2. Rendam lensa kontak pada tempat lensa kontak dengan solution sesuai dengan aturan yang dianjurkan produsen solution atau praktisi optik anda.
3. Jika lensa kontak ingin digunakan bilas terlebih dahulu,lalu bersihkan tempat lensa dengan solution setelah itu keringkan.
4. Setelah pemakain 2 minggu rendam lensa kontak dengan menggunakan tablet sesuai dengan ketentuan yang dianjurkan, hal ini berguna untuk membersihkan deposit protein yang sulit dibersihkan
Read More - PERAWATAN SOFTLENS

SOFTLENS

Diposkan oleh cika wanda di 19.47 0 komentar

Selama ini anda kurang Percaya Diri memakai Kaca Mata?
Telinga anda sakit selalu digantungi Kaca Mata?
Saat anda berolah raga tidak leluasa memakai Kaca Mata?
Ingin tampil lebih 'cool' dengan softlens / Contact Lens warna-warni?
Anda ingin memberi kejutan buat pasangan anda dengan tampil warna-warni dari kilauan mata anda?
Ingin melihat jauh tanpa Kaca Mata tapi takut dioperasi?
Penampilan anda tidak cocok memakai kaca mata?

Jika itu semua masalah anda, anda masuk ke situs yang tepat karena kami menyediakan solusinya...

Kami menyediakan berbagai merk Softlens (Contact Lens) Warna antara lain OXY FIVE, FUNKY TONES, A + (A plus), A plus Q Brown and Grey, Ruby Oxy Five, X2 Black, X2 Gold, X2 Spice, X2 Ice, ColourVue 3 Tones, Colour Vue Fusion, Colour Vue Glamour, Colour Vue Big Eyes, Colour Vue Crazy Lens, Colour Vue Stars & Jewel, X2 Flash, X2 Trenzetter, X2 Diva, Omega 5, Fresh Look, FreshKon Alluring, Dailies Focus, Geo Lens, Bee U (Moire), Freshkon Colors Fusion dan Schon atau jika anda ingin soft lens yang tidak berwarna (clear) merk X2 Clear yang dilengkapi dengan berbagai merk Solution (Cairan Pembersih sekaligus bisa dipakai untuk tetes mata) yang praktis untuk anda. Berbagai merk Solution kami yang berkualitas tinggi antara lain O2 Oxygen (160 ml) Complete Solution (350 ml) dan X2 Comfort (500 ml).

Tak lupa sebagai pelengkap kami menyediakan Travel Pack yang berguna jika anda sering bepergian. Sangat praktis dan membantu mobilitas anda, cukup tuangkan cairan Solution ke dalam botol-botol kecil, beserta penjepit dan alat untuk menempelkan softlens (Contact lens) pada mata anda.
Read More - SOFTLENS

KACAMATA SEBAGAI TREND ANAK MUDA

Diposkan oleh cika wanda di 19.43 0 komentar

Kaca Mata sebagai Bagian Trend Mode

MakinModis selalu berusaha memberikan informasi pengetahuan praktis tentang berbagai hal yang berkaitan dengan modis. Kali ini, MakinModis mencoba mengulas mengenai kaca mata, yang semakin lama semakin beragam mode dan gayanya sehingga menjadi bagian dari Trend Mode Dunia. Pada bagian akhir tulisan ini akan kami tuliskan juga Tips memilih kaca mata yang tepat.
Merubah Hambatan Jadi Peluang
Berbagai alasan orang memakai kaca mata, akan tetapi pada mulanya orang menggunakan kaca mata adalah karena adanya hambatan pada dirinya yaitu karena kesulitan melihat, atau sakit mata, dan sebagainya. Untuk mengatasi hambatan itu pada awalnya orang hanya memikirkan bagaimana bisa mengatasi hambatan yang ada, tanpa memikirkan peluang di dalam hambatan. Semakin lama, konsep memanfaatkan hambatan menjadi peluang, semaki berkembang termasuk dalam menggunakan kaca mata. Orang sudah mulai memikirkan, selain masalah mata teratasi, dimanfaatkan satu peluang modis dengan memilih frame yang gaya.
MATA Anda sembap, kendur, atau kurang menarik? Jangan panik, kacamata dapat menjadi peranti tepat mengurangi kekurangan mata Anda. Selain dapat membantu daya penglihatan, kini kacamata tak lepas dari gaya penampilan individu. Lihatlah bagaimana Iwan kasela “Raja” selalu tampil gaya dengan kaca mata hitam, Ferry Salim atau Atiek CB yang bermata sipit dapat tampil gaya dengan kacamata. Bahkan, karakter spesifik John Lennon dan Elton John terbentuk sehingga mereka memiliki citra khusus, karena kacamata yang dipakainya.
Kaca Mata Jadi bagian Trend Mode
Dari uraian singkat di atas, kita bisa lihat bahwa para stylist atau pelaku dunia mode akhirnya membaurkan kaca mata dengan lifestyle(gaya hidup) dan menjadi bagian industri mode yang terus bergerak. Bahkan, kacamata pelindung (sun glasses), dan olah raga tak mau kehilangan momen dalam mengikuti perkembangan gaya hidup manusia saat ini.
Sebagai alat bantu lihat, kacamata awalnya berupa sebuah alat pembesar atau lebih dikenal dengan sebutan lup. Dari lup berkembang menjadi kacamata tanpa bingkai, kacamata berbingkai, sampai kemudian menjadi contact lens (lensa kontak), dan Lasik (Laser Assisted Insitu Keratosmileusis), teknologi terbaru untuk membantu mengoreksi kelainan pada refraksi (pembiasan).
Perkembangan model kacamata terus bergulir sesuai tuntutan gaya hidup yang lebih baik. Dari gagangnya saja ada kacamata terbuat dari bahan tanduk dan kayu untuk menonjolkan kesan konservatif. Ada yang terbuat dari titanium ringan untuk memberi citra kokoh dan kuat. Ada juga kacamata dari bahan plastik dan karet yang fleksibel.
Bahkan, tersedia pula frame maupun gagang kacamata yang dapat ditekuk-tekuk namun ia tidak akan patah. Kekuatan ini didukung teknologi optik yang makin inovatif, gagangnya ternyata merupakan campuran antara plastik dan karet sehingga elastis.
Frame (bingkai) juga makin variatif. Tahun-tahun sebelumnya, frame umumnya berbentuk oval atau kotak. Sedangkan kini, sesuai perkembangan teknologi, diciptakan pula kaca mata semi oval. Bahkan tersedia beberapa jenis kacamata, seperti kacamata berbingkai, kacamata tanpa bingkai (frameless), dan kacamata setengah bingkai (semi frameless).
Kacamata frameless cocok untuk kalangan eksekutif formal yang menyukai penampilan elegan. Sedangkan untuk anak-anak sekolah dan karyawan yang bekerja outdoor sebaiknya mengenakan kacamata berbingkai. Ini untuk memudahkan pada saat maintenance. Tapi kalaupun penampilan Anda ingin beda dapat dipilih kacamata yang semi frameless,
Lensa kacamata pun tidak lagi hanya terbuat dari kaca. Hampir sebagian besar pemakai memilih kacamata berlensa plastik. Selain tidak mudah pecah, lensa plastik juga tidak lagi mudah tergores, karena lensa plastik sudah dilengkasi dengan hardcoat yang antigores dan anti pecah.
Sedangkan untuk memberikan kemudahan dalam memilih kacamata, sebagian besar optik menyediakan tenaga optician dan adviser. Bahkan, dalam perkembangan terakhir sudah
Tips Memilih Kaca Mata Yang Tepat
1. Perhatikan bentuk wajah Anda.

· bentuk Oval, cocok menggunakan hampir seluruh jenis frame.

· bentuk bulat, hindari frame berbentuk bulat

· bentuk hati, hindari frame dengan bentuk membesar di bagian atas, dan kecil di bagian bawah

· bentuk persegi, hindari frame berbentuk kotak
2. Perhatikan pula ukuran wajah Anda.
· ukuran wajah yang kecil, ukuran mata yang terlalu dekat, sebaiknya hindari menggunakan kacamata yang terlalu besar.
3. Putuskan bentuk dan ukuran frame yang tepat untuk wajah Anda, sebelum memilih warna frame
4. Pilih warna frame netral, jika kacamata digunakan secara rutin
5. Jika Anda menggunakan kacamata rutin, dan banyak beraktivitas di luar ruangan, pertimbangkan untuk memilih lensa photogray (berubah gelap saat terkena sinar UV)

Read More - KACAMATA SEBAGAI TREND ANAK MUDA

PENYEBAB TERJADINYA TSUNAMI

Diposkan oleh cika wanda di 19.36 0 komentar

Tsunami dapat terjadi jika terjadi gangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air, seperti letusan gunung api, gempa bumi, longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi. Namun, 90% tsunami adalah akibat gempa bumi bawah laut. Dalam rekaman sejarah beberapa tsunami diakibatkan oleh gunung meletus, misalnya ketika meletusnya Gunung Krakatau.

Gerakan vertikal pada kerak bumi, dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba, yang mengakibatkan gangguan keseimbangan air yang berada di atasnya. Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energi air laut, yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar yang mengakibatkan terjadinya tsunami.

Kecepatan gelombang tsunami tergantung pada kedalaman laut di mana gelombang terjadi, dimana kecepatannya bisa mencapai ratusan kilometer per jam. Bila tsunami mencapai pantai, kecepatannya akan menjadi kurang lebih 50 km/jam dan energinya sangat merusak daerah pantai yang dilaluinya. Di tengah laut tinggi gelombang tsunami hanya beberapa cm hingga beberapa meter, namun saat mencapai pantai tinggi gelombangnya bisa mencapai puluhan meter karena terjadi penumpukan masa air. Saat mencapai pantai tsunami akan merayap masuk daratan jauh dari garis pantai dengan jangkauan mencapai beberapa ratus meter bahkan bisa beberapa kilometer.

Gerakan vertikal ini dapat terjadi pada patahan bumi atau sesar. Gempa bumi juga banyak terjadi di daerah subduksi, dimana lempeng samudera menelusup ke bawah lempeng benua.

Tanah longsor yang terjadi di dasar laut serta runtuhan gunung api juga dapat mengakibatkan gangguan air laut yang dapat menghasilkan tsunami. Gempa yang menyebabkan gerakan tegak lurus lapisan bumi. Akibatnya, dasar laut naik-turun secara tiba-tiba sehingga keseimbangan air laut yang berada di atasnya terganggu. Demikian pula halnya dengan benda kosmis atau meteor yang jatuh dari atas. Jika ukuran meteor atau longsor ini cukup besar, dapat terjadi megatsunami yang tingginya mencapai ratusan meter.

Gempa yang menyebabkan tsunami

* Gempa bumi yang berpusat di tengah laut dan dangkal (0 - 30 km)
* Gempa bumi dengan kekuatan sekurang-kurangnya 6,5 Skala Richter
* Gempa bumi dengan pola sesar naik atau sesar turun
Read More - PENYEBAB TERJADINYA TSUNAMI

TSUNAMI

Diposkan oleh cika wanda di 19.35 0 komentar
mungkin anda tahu, belakangan ini dunia sedang berkabung dengan adanya berita Tsunami.
sebenar nya kalian sendiri tahu tidak sih, dengan Tsunami itu sendiri?
mari kita telusuri apa itu Tsunami, dan cara pencegahan nya.
:)


Tsunami (bahasa Jepang: 津波; tsu = pelabuhan, nami = gelombang, secara harafiah berarti "ombak besar di pelabuhan") adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, atau atau hantaman meteor di laut. Gelombang tsunami dapat merambat ke segala arah. Tenaga yang dikandung dalam gelombang tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya. Di laut dalam, gelombang tsunami dapat merambat dengan kecepatan 500-1000 km per jam. Setara dengan kecepatan pesawat terbang. Ketinggian gelombang di laut dalam hanya sekitar 1 meter. Dengan demikian, laju gelombang tidak terasa oleh kapal yang sedang berada di tengah laut. Ketika mendekati pantai, kecepatan gelombang tsunami menurun hingga sekitar 30 km per jam, namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai puluhan meter. Hantaman gelombang Tsunami bisa masuk hingga puluhan kilometer dari bibir pantai. Kerusakan dan korban jiwa yang terjadi karena Tsunami bisa diakibatkan karena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami.

Dampak negatif yang diakibatkan tsunami adalah merusak apa saja yang dilaluinya. Bangunan, tumbuh-tumbuhan, dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta menyebabkan genangan, pencemaran air asin lahan pertanian, tanah, dan air bersih.

Sejarawan Yunani bernama Thucydides merupakan orang pertama yang mengaitkan tsunami dengan gempa bawah laut. Namun hingga abad ke-20, pengetahuan mengenai penyebab tsunami masih sangat minim. Penelitian masih terus dilakukan untuk memahami penyebab tsunami.

Teks-teks geologi, geografi, dan oseanografi di masa lalu menyebut tsunami sebagai "gelombang laut seismik".

Beberapa kondisi meteorologis, seperti badai tropis, dapat menyebabkan gelombang badai yang disebut sebagai meteor tsunami yang ketinggiannya beberapa meter diatas gelombang laut normal. Ketika badai ini mencapai daratan, bentuknya bisa menyerupai tsunami, meski sebenarnya bukan tsunami. Gelombangnya bisa menggenangi daratan. Gelombang badai ini pernah menggenangi Burma (Myanmar) pada Mei 2008.

Wilayah di sekeliling Samudra Pasifik memiliki Pacific Tsunami Warning Centre (PTWC) yang mengeluarkan peringatan jika terdapat ancaman tsunami pada wilayah ini. Wilayah di sekeliling Samudera Hindia sedang membangun Indian Ocean Tsunami Warning System (IOTWS) yang akan berpusat di Indonesia.

Bukti-bukti historis menunjukkan bahwa megatsunami mungkin saja terjadi, yang menyebabkan beberapa pulau dapat tenggelam
Read More - TSUNAMI

OTAK TENGAH POTENSI PENINGKATAN KECERDASAN MANUSIA

Diposkan oleh cika wanda di 19.30 0 komentar

Benar apa yang diperkirakan oleh albert enstain dan para ahli yang lainnya mengenai otak manusia,menurut mereka manusia sekarang hanya menggunakan 10% dari kemampuan otak mereka! lah kalau cuma yang 10% yang 90% dikemanakan ya?.

Baru aja saya katam membaca keajaiban otak kanan eh tau-taunya dah ada ilmu yang berkembang tentang otak tengah sebagai otak jenius, dengan otak tengah yang diaktifkan kita dapat menyeimbangkan antara otak kiri (IQ) dan otak kanan (seni/kreatifitas) bahkan dengan mengaktifkan otak tengah kita dapat lebih mengingat memori peristiwa atau mengingat tentang suatu hal dengan mudah dan cepat,bahkan kita dapat dengan mudah membaca dengan mata tertutup atau melukis sesuatu dengan mata tertutup

Dengan adanya teknologi ini mungkin kita dapat mengerahkan kemampuan otak kita sebanyak 30% wah ternyata banyak rahasia-rahasia dalam diri kita yang belum tersingkap!kita wajib bersyukur dengan yang mendesaing atau menciptakan kita dialah TUHAN!

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli tentang otak manusia telah menemukan fungsi dan kerja dari masing-masing otak yang terdapat pada manusia

1. Otak kiri seringkali di hubungkan dengan IQ (Intelligence Quotient). IQ ini meliputi kemampuan untuk perhitungan, memformulasikan pembicaraan, membaca, menulis, logika dan analisa. Pendidikan tinggi di dunia sekarang ini banyak berkonsentrasi pada bagian otak kiri ini.

2. Otak kanan biasanya berasosiasi dengan kecerdasan emosional (EQ, Emotion Quotient). Otak kanan ini mengembangkan sisi personalitas, kreatifitas, intuisi, kemampuan penerapan, kemampuan panggung, dan seni.

Otak kanan dan otak kiri ini ibaratnya 2 orang pilot yang mengatur bagian yang berbeda pada mental kita. , seperti namanya, terletak ditengah-tengah dari kedua otak tersebut. Otak ini seringkali dihubungkan dengan kejeniusan seseorang. Sayangnya otak tengah dari sebagian besar manusia dalam keadaan tidak aktif

Jika saja kita dapat mengaktifkan otak tengah, maka kita akan mempunyai super pilot yang mengatur cara kerja dari kedua pilot yang sudah ada. Otak tengah ini dapat menyeimbangkan kerja dari otak kanan dan otak kiri. Otak yang bekerja secara sinergis akan mempunyai kapasitas jauh lebih besar dari otak yang hanya berkembang sebelah.

Bayangkan saja kemampuan seseorang jika dia mempunyai daya analisa dan logika yang tinggi (otak kiri) dan digabung dengan kemampuan penerapan dan kreatifitas yang tinggi. Orang-orang ini biasanya dianggap sebagai orang yang jenius. Para ahli mengatakan bahwa kejeniusan seseorang adalah kemampuan untuk menggabungkan kemampuan otak kiri dan otak kanan. Jadi otak tengah ini dipercaya sebagai bagian otak yang mengembangkan sisi jenius dari seseorang.

Otak tengah adalah jembatan yang menghubungkan dan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan otak kanan. Mengaktifkannya akan memungkinkan baik otak kiri maupun kan berfungsi secara optimal. Pengaktifan otak tengah mengembalikan kekuatan otak pada keadaan asalnya.

Ketika otak tengah diaktifkan, kita akan memiliki akses yang mudah baik ke otak kiri maupun kanan. Dengan akses mudah ini, mereka akan belajar, membaca dan menghafal benda-benda dalam kecepatan yang lebih cepat dan dengan demikian meningkatkan keyakinan, minat dan konsentrasi mereka dalam belajar.

Pengaktifan otak tengah

Otak tengah adalah jembatan yang menghubungkan dan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan. Dengan mengaktifkannya akan memungkinkan baik otak kiri maupun otak kanan berfungsi dengan optimal. Pengaktifan otak tengah mengembalikan kekuatan otak pada keadaan semula,’’ katanya.
latihan telah mulai dilakukan di Indonesia. Saat ini belum banyak orang yang mengetahui keberadaan dari training ini. Training biasanya dilakukan selama 2 hari. Pada saat itu juga biasanya dilakukan training untuk para orang tua. Seperti juga bidang keahlian lainnya, orang tua berperan besar untuk dapat membantu anak mengembangkan potensi otak tengah mereka. Seorang anak dengan otak tengah yang kuat, diharapkan dapat mengembangkan otak kanan dan otak kiri secara lebih maksimal sehingga mereka dapat masuk kategori jenius. Bukan hanya dalam otak kiri (IQ, intelektual) , atau otak kanan (emosional, EQ) tetapi juga dalam ‘Loving Inteligence’. Mereka adalah individu yang seimbang dan mengasihi orang lain seperti sang pencipta mengasihi dia. Sayangnya training aktivasi otak tengah ini hanya dapat dilakukan untuk anak umur 5 – 15 tahun saja.

Bayangkan saja negara kita apabila 25 tahun mendatang banyak anak bangsa yang dilatih otak tengahnya yang dapat membuat anak memiliki tingkat itelejensi yang tinggi maka ketertinggalan negara kita dari negara-negara maju dapat dikejar dan disejajarkan dengan mudah!
Read More - OTAK TENGAH POTENSI PENINGKATAN KECERDASAN MANUSIA

BEHEL OR KAWAT GIGI

Diposkan oleh cika wanda di 03.47 0 komentar


Behel atau lazim disebut kawat gigi telah dikenal sejak lama sebagai alat terapi gigi, yaitu merapikan gigi. Seiring dengan perkembangan jaman, kawat gigi pun terus berevolusi, memperbaiki kekurangannya dan menyempurnakan sistemnya, sehingga terapi perbaikan struktur gigi menjadi lebih cepat dan efektif.
. Jenis Behel Gigi - Gambar Kawat Gigi

Saat ini dikenal 2 jenis kawat gigi, yaitu berupa kawat cekat (kawat permanen) atau kawat retainer (kawat lepasan), dan keduanya memiliki predikat sama, yaitu barang mahal! Mungkin karena bahan yang digunakan memang pilihan, dan jarang, sehingga hasilnya sampai ke tangan pasien mahal. Kawat cekat berupa manik-manik yang ditempel semi-permanen pada tiap gigi sebagai kerangka kawat yang akan dipasangkan. Dan sekarang, kawat cekat ini yang sedang populer digunakan para dokter gigi untuk terapi pasien yang ingin merapikan giginya karena berbagai macam dan jenis yang ditawarkan dari kawat cekat ini, juga harganya yang bervariatif mulai dari 3juta sampai 20jutaan!
Memang tiap sistem kawat cekat memiliki keunggulan masing-masing menurut rancangannya, juga bentuk yang kini mulai diarahkan dengan estetika mulut, ada yang berbahan porselin, platina, dan lain sebagainya, serta jenis kawat penarik yang digunakan, membuat variasi harga yang berbeda-beda untuk tiap produk.




Namun variatifnya produk behel ini sekarang mulai bergeser dari sebuah alat terapi menjadi trend asesoris layaknya mode. Sampai kadang fungsi utamanya sendiri yang merupakan alat terapi untuk merapikan struktur gigi yang kurang bagus terlupakan, menjadi sebuah perhiasan gigi yang menempel. Tampaknya para produsen behel atau kawat gigi juga jeli membaca pasar, mereka mulai melepaskan produk-produk behel yang bervariatif dan beraneka ragam, dari kawat porselin transparan yang unik,hingga platina berkaret warna-warni, dan ini menjadi suatu ukuran trend tersendiri pada pemakainya.
Nampaknya kawat gigi kini mulai menjadi salah satu bentuk tren terutama dikalangan orang muda. Dahulu, orang yang memakai kawat terkesan memalukan, namun sekarang, remaja malah bangga memakainya.





Behel standar memiliki disain ketebalan, kemiringan, dan alur kawat sama untuk semua gigi. Behel standar sangat membutuhkan keahlian operator untuk menggerakkan gigi mencapai posisi yang ideal. Harga yang relatif murah menjadi kelebihan behel standar. Sedangkan behel terprogram merupakan behel yang memiliki ketebalan, kemiringan, dan alur kawat yang sudah didisain berdasarkan posisi ideal masing-masing gigi, sehingga bila digunakan akan lebih mudah mencapai hasil yang memuaskan, terutama behel yang terprogram sepenuhnya
Read More - BEHEL OR KAWAT GIGI

TIPS PACARAN JARAK JAUH

Diposkan oleh cika wanda di 03.36 0 komentar
Apakah Anda berada dalam hubungan cinta jarak jauh, atau hidup bersama, namun suami Anda sibuk dan selalu berada diluar kota? Mungkin Anda bisa coba cara telepon seks untuk membumbui kehidupan cinta Anda. Bagi banyak wanita, gagasan mendengarkan suara ‘nakal’ yang menggoda lewat telepon sambil berpura-pura orgasme mungkin jadi sesuatu yang menarik. Tapi bagi pasangan dalam hubungan jarak jauh, seks lewat telepon sering kali merupakan satu-satunya cara untuk menjaga unsur seksual dalam hubungan ketika Anda berdua terpisah jarak jauh. Agar kegiatan telepon seks bikin Anda dan dia merasa terangsang, berikut ada beberapa tips pacaran jarak jauh yang bisa jadi panduan Anda:

1. Kirimkan SMS( ‘Nakal’)

Melakukan seks lewat telepon cukup sederhana. Tapi sebagai pemanasan coba memulainya dengan mengirimkan sms ‘nakal’ yang menggoda. Ini bisa dilakukan sebagai tahap pengujian dan lihat bagaimana dia menanggapinya. Jika dia menulis sesuatu yang seksi kembali pada Anda, itu tandanya Anda sudah mendapat lampu hijau. Jika dia tidak meresponnya, atau bertanya, mungkin berterus terang bahwa Anda menginginkan sesuatu darinya akan menjadi cara yang lebih jitu untuk mengajaknya melakukan hubungan lewat telepon saja.

2. Lakukan Persiapan

Luangkan waktu Anda untuk menemukan zona yang paling nyaman. Mulailah dengan bertukar pesan teks seksi. Dengan seks teksting Anda punya waktu untuk berpikir tentang tanggapannya. Biasakan melontarkan kata-kata nakal yang seksi dan menggoda. Anda harus mempersiapkan diri mengungkapkan kata-kata yang bisa membuatnya terangsang. Gunakan sebutan bagian tubuh sebagai nama panggilan yang akrab untuk organ intim Anda dan pasangan.

3. Foreplay (Pemanasan)

Lakukan foreplay yang bisa membuat fantasinya melayang membayangkan seolah-olah Anda benar-benar berada disampingnya. Mulailah dengan pakaian. Tanyakan padanya, pakaian apa yang sedang dia pakai, dan katakan padanya Anda ingin melihatnya tanpa busana, atau bertanya apa yang akan dia lakukan jika Anda membuka bajunya. Pikirkan tentang bagaimana seks biasanya dimulai, dan berbicara tentang segala hal yang bisa membuat gairahnya terbakar, mulai dari kegiatan berciuman, melepas pakaian, menyentuh bagian vitalnya, dan lain-lain.

4. Membawanya ke tingkat berikutnya

Mungkin akan memanfaatkan fasilitas yang ada dalam fitur ponselnya. Seperti menggunakan 3G, atau melakukan aksi nakal lewat webcam. Beberapa wanita menemukan bahwa webcam telepon seks membuat aktivitas seks jarak jauh lebih memuaskan. Dengan video yang Anda miliki, pilihan untuk tidak hanya bicara dengan orang tentang apa yang akan dilakukannya, tapi benar-benar menunjukkan kepadanya apa yang Anda lakukan untuk diri Anda sendiri.

Semoga bermanfaat.. :)
Read More - TIPS PACARAN JARAK JAUH

TIPS PEMAKAIAN HP DENGAN BAIK

Diposkan oleh cika wanda di 03.35 0 komentar
Handphone ternyata dapat mengakibatkan bahaya kanker dan kesehatan lainnya. Bagaimanakah menggunakan handphone (ponsel) yang sehat dan aman?

Dewasa ini handphone (HP) atau telepon selular sudah merupakan kebutuhan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita. Coba ingat, dalam sehari berapa kali kita berinteraksi menggunakan HP? Dari anak-anak sampai orang yang sudah lanjut usia menggunakan telepon selular setiap harinya. Namun apakah Anda tahu ponsel dianggap mematikan? Ternyata penggunaan handphone (HP) secara berlebihan juga memiliki efek-efek negatif. Dokter dari University of Pittsburgh Cancer Institute, Dr Ronald B Herberman memberikan 10 cara untuk menjauhkan otak Anda yang berharga dari bahaya kanker dan ancaman kesehatan lainnya akibat ponsel. Kelihatannya sepele dan kurang penting. Tapi justru dari hal-hal seperti inilah segala resiko yang bakal terjadi bisa dihindarkan. Berikut ini adalah beberapa tips aman menggunakan handphone :

1. Jangan biarkan anak kecil menggunakan ponsel

Organ yang berkembang pada janin atau anak sensitif terhadap efek gelombang elektromagnetik. Maka dari itu untuk ibu hamil sebaiknya sebisa mungkin menggunakan telepon rumah biasa. Hal ini untuk mencegah efek negatif dari penggunaan HP. Selain itu sebisa mungkin hindarkan anak Anda menggunakan ponsel secara berlebihan. Tentu saja hal ini tidak berlaku dalam kondisi darurat.

2. Jauhkan ponsel dari tubuh ketika menggunakan ponsel

Amplitudo dari gelombang elektromagnetik itu seperempat kekuatan pada jarak dua inci dan 50 kali lebih rendah pada jarak tiga kaki. Karena itu usahakan Anda selalu menggunakan speaker phone atau wireless bluetooth headset yang memiliki sekitar 1/100 emisi elektromagnetik dari ponsel biasa.

3. Hindari menggunakan ponsel di tempat umum

Anda bisa “menjangkiti”orang lain secara pasif dengan gelombang elektromagnetik. Kedengarannya sangat remeh, seperti kasus perokok pasif bukan? Namun di Indonesia sendiri jika larangan merokok di tempat umum saja masih sulit untuk dipatuhi, bagaimana mengharapkan kesadaran orang-orang tentang pemakaian HP di tempat umum? Tentu lebih mustahil lagi untuk diterapkan. Jadi sebisa mungkin jangan terus-menerus berdekatan dengan orang yang sedang asik berhandphone (ber-HP) ria atau bertelepon seluler ria.

4. Hindari membawa ponsel di badan setiap saat

Jangan dekatkan ponsel dengan tubuh Anda apalagi pada malam hari. Anda yang biasa tidur dengan ponsel di bawah bantal atau di meja tempat tidur Anda sebaiknya mengubah kebiasaan yang merugikan itu mulai sekarang. Apalagi jika Anda atau istri Anda sedang hamil. Anda bisa menyalakan mode “offline” yang menghentikan penerimaan elektromagnetik.

5. Hadapkan bagian keyboard ke tubuh saat mengantungi ponsel

Pastikan bagian belakang ponsel menghadap keluar agar gelombang elektromagnetik dijauhkan dari tubuh Anda.

6. Kontak boleh dilakukan saat percakapan hanya berlangsung beberapa menit

Usahakan untuk menggunakan telepon seluler seperlunya. Jangan tergiur oleh iklan-iklan dari operator telepon selular yang berkali-kali menekankan Anda untuk menggunakan fasilitas jasa layanan telepon selular yang menawarkan pemakaian yang murah untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Hati-hati! Efek biologis dari penggunaaan ponsel dapat terjadi pada percakapan yang berlangsung lama. Apabila percakapan lebih lama dari beberapa menit, usahakan untuk menggunakan telepon biasa.

7. Tukar sisi ponsel secara rutin untuk menghindari eksposur

Sebelum menempelkan ponsel atau handphone (HP) Anda ke telinga, tunggu sampai lawan bicara Anda mengangkat telepon. Tindakan ini membatasi kekuatan gelombang elektromagnetik ketika dekat telinga dan durasi eksposur.

8. Hindari pemakaian telepon saat sinyal lemah

Usahakan untuk menghindari pemakaian telepon selular saat bergerak dengan kecepatan tinggi, seperti di dalam mobil atau kereta. Kondisi ini secara otomatis akan menaikkan kekuatan hingga maksimum karena ponsel secara berulangkali berusaha menghubungkan ke relay antena yang baru.

9. Sering-seringlah SMS

Berkomunikasi lewat pesan teks dianggap lebih aman dibandingkan dengan menelepon via handphone (HP) atau telepon selular. Tindakan ini membatasi durasi eksposur dan kedekatan dengan tubuh. Siapa sangka kegiatan chatting lewat handphone (HP) atau telepon selular ternyata bermanfaat untuk kesehatan?

10. Pilih handset dengan SAR terendah

Mungkin Anda belum mengetahui apakah SAR itu. Bagi Anda yang belum pernah mendengarnya, SAR (Specific Absorption Rate) merupakan ukuran kekuatan gelombang magnetik yang dapat diserap tubuh. Informasi rating SAR pada ponsel atau handphone (HP) Anda tersedia dengan mencari “SAR ratings cell phones” di internet, biasanya berbeda untuk tiap pabriknya.

Demikian kiranya tips-tips menggunakan ponsel (HP) yang sehat dan aman. Semoga berguna bagi kehidupan Anda.
Read More - TIPS PEMAKAIAN HP DENGAN BAIK

7 PESULAP TERHEBAT DI DUNIA

Diposkan oleh cika wanda di 03.33 0 komentar
1.Harry Houdini.

Harry Houdini (Budapest, Hongaria, 24 Maret 1874–Detroit, 31 Oktober 1926) adalah seorang pesulap terkemuka asal Amerika Serikat. Pesulap dengan nama asli Enrich Weiss ini paling dikenal melalui trik-trik meloloskan dirinya, antara lain melepaskan diri dari ikatan tali, borgol, rantai, dan yang paling terkenal: trik Chinese water torture, di mana Houdini yang tubuhnya digantung terbalik berhasil meloloskan diri dari lemari kaca yang diisi penuh dengan air.


Houdini mulai menjadi pesulap pada tahun 1891. Awalnya ia hanya berkutat pada sulap-sulap kartu, namun karirnya menanjak sejak memfokuskan diri pada aksi-aksi meloloskan diri. Pertunjukan terakhir Houdini berlangsung pada 24 Oktober 1926. Sehari kemudian ia masuk rumah sakit dan meninggal dunia akibat peritonitis di bagian umbai cacing pada 31 Oktober 1926.
2.David Blaine.

David Blaine (April 4, 1973) adalah seorang illusionist Amerika dan artis. Ia terkenal karena prestasi profil tinggi daya tahan, dan telah membuat namanya sebagai seorang penghibur jalanan dan close-up ajaib. Dia telah menetapkan dan mematahkan beberapa rekor dunia. Teater pemilik James Nederlander dan juga The New York Times telah menyebut Blaine sebagai Houdini modern. Dia adalah ilusionis amerika yang sangat mengagumkan.

beberapa aksinya
Buried Alive

David Blaine terkubur di bawah 3,5 ton tangki air di New York.
Quote:
Frozen in Time

David Blaine terbungkus dalam sebuah balok es untuk beku di Time di Times Square, New York.
Vertigo

David Blaine berdiri di 100 ft (30 m). pole for Vertigo in the middle of Bryant Park in New York . tiang untuk Vertigo di tengah Bryant Park di New York.
Above and Below

David Blaine dalam kotak untuk Di atas bawah di depan ribuan di City Hall (London).
Quote:
Magic Untuk Haiti

Donald Trump dengan David Blaine Blaine mengumumkan acara berikutnya di atrium dari Trump Tower.

3.David Copperfield

David Copperfield (nama asli: David Seth Kotkin lahir di Metuchen, New Jersey, Amerika Serikat, 16 September 1956; umur 53 tahun) adalah pesulap dan ilusionis yang telah 21 kali memenangkan Penghargaan Emmy. Di antara ilusinya yang terkenal adalah pertunjukan “menghilangkan” Patung Liberty, “terbang” di atas Grand Canyon, dan “berjalan menembus” Tembok Besar di RRC.

Copperfield mulai bermain sulap sejak berusia 12 tahun, dan menjadi pesulap termuda yang diterima sebagai anggota Society of American Magicians. Sewaktu berusia 16, Universitas New York sudah mengundangnya untuk mengajar kursus sulap. Nama “David Copperfield” diambilnya dari tokoh fiksi bernama David Copperfield yang muncul dalam novel berjudul sama, David Copperfield karya Charles Dickens. Pada usia 19 tahun, Copperfield sudah mengadakan pertunjukan besar di Hotel Pagoda, Honolulu, Hawaii.

Copperfield pernah bertunangan dengan supermodel Claudia Schiffer. Setelah berhubungan selama 6 tahun, mereka berpisah pada tahun 1999.Pada bulan April 2006, Copperfield dan dua asisten wanitanya menjadi korban perampokan bersenjata di West Palm Beach, Florida. Pada waktu itu, mereka baru saja selesai melakukan pertunjukan ketika dirampok kelompok perampok muda usia. Kedua asistennya menyerahkan semua uang, paspor, dan telepon genggam yang dimiliki. Namun menurut pernyataan yang diberikannya kepada polisi, Copperfield tidak memberikan apa-apa kepada si perampok. Copperfield mengaku dirinya menggunakan kecepatan tangan pesulap untuk menyembunyikan harta bendanya.
4. Harry Blackstone Sr

Blackstone adalah pesulap dengan penampilan elegan dan sopan seperti pesulap pendahulunya Howard Thurston dan Harry Kellar.Dia sering memakai dasi putih dan ekor saat pertunjukkan,dan dia bepergian dengan ilusi besar dan tokoh yang cukup besar, asisten berseragam laki-laki dan perempuan. Selama beberapa tahun ia berkeliling di Midwest, sering melakukan sepanjang hari antara pertunjukan film. Dengan gaya yang elegan,Blackstone membuat sulap menyenangkan dan khyalan yang juga menghibur.

Di antara ilusi hebatnya adalah saat di mana seorang perempuan berbaring di sofa dan ditutup dengan kain kafan yang tipis dan tampak melayang tinggi di udara dan kemudian lenyap, seperti Blackstone melepas penutup. Ilusi lain, seorang wanita melangkah ke sebuah lemari. Ketika tiba-tiba penyihir mendorong lemari yang berlubang depan ke belakang, dia tampak menembus muncul melalui lubang-lubang di kotak (dengan diiringi darah-mengental menjerit). Lemari kemudian berputar sehingga penonton merasa melihat wanita tertusuk oleh filamen menyilaukan.
5.Doug Henning

Adalah seorang pesulap/illusionist Kanada, melarikan diri dari artis dan politikus. Henning meninggal umur 52 pada Februari 2000 di Los Angeles lima bulan setelah didiagnosa kanker hati.Seperti Copperfield dan magician lainnya yang telah mengikutinya. Ia membuat bahan pokok untuk televisi. Dalam setahun pertunjukan sulapnya mendapat perhatian sebanyak 60 juta penonton.

Henning lahir di Winnipeg, Manitoba dan dibesarkan di Oakville, Ontario. Dia melakukan pertunjukan pertamanya di usia 14 tahun di pesta ulang tahun seorang teman dan terinspirasi oleh reaksi penonton terpesona. Dalam waktu beberapa bulan untuk menempatkan iklan di koran lokal, Henning meluncurkan serangkaian pertunjukan di televisi lokal di Toronto, dan sebagai penghibur di pesta-pesta. Dia adalah seorang mahasiswa di Universitas McMaster di Hamilton, Ontario dan mempelajari psikologi. (wow.. )
6.Criss Angel

Adalah seorang pesulap dan ilusionis berkebangsaan Amerika Serikat. Ia juga seorang musisi, ahli meloloskan diri, dan pemain atraksi adegan berbahaya. Ia dikenal melalui sebuah acara TV yang dibawakan olehnya, acara tersebut berjudul Criss Angel Mindfreak. Ia adalah orang Amerika Serikat keturunan Yunani. Criss Angel dibesarkan di East Meadow, Long Island, New York.
7.Mark Wilson.

Adalah seorang penyihir dan penulis. Ia diakui sebagai orang pertama yang menjadi besar sebagai “pesulap televisi” dan dalam proses membangun kelangsungan pertunjukkan ilusi dengan format televisi. Bersama istrinya sekaligus assistentnya ia tampil di televisi saat tahun 60-an,dialah yang megajari ku “menghilang” saat aku harus menghindari ayahku,aku menyukainya.malus
Read More - 7 PESULAP TERHEBAT DI DUNIA

MENGHADAPI UN

Diposkan oleh cika wanda di 03.22 0 komentar
BANYAK orang gagal mencapai keberhasilan karena mereka tidak memiliki berbagai persiapan dalam menghadapi ujian. Untuk itu ada beberapa tips atau kiat agar Anda berhasil dan sukses menghadapi ujian nanti. Persiapan yang akan dilakukan tidak jauh berbeda dengan persiapan dalam menghadapi ujian yang lain, misalnya ujian/tes CPNS atau UMPTN.

Kiat sukses menghadapi ujian nasional ini dimulai dari persiapan diri, persiapan teknis, persiapan materi ujian, dan pada saat ujian.

Persiapan diri

Persiapan diri adalah persiapan yang dimulai dari dalam diri kita sendiri, yang meliputi persiapan fisik dan persiapan mental. Persiapan fisik berkaitan dengan persiapan jasmani/fisik dan persiapan kesehatan. Anda harus menjaga kesehatan sebelum ujian. Tidak bisa dibayangkan bagaimana sulitnya seseorang mengikuti ujian bila dalam keadaan sakit. Agar diri Anda tetap sehat secara fisik menjelang pelaksanaan ujian, Anda harus rajin berolahraga. Usahakan istirahat secara teratur dan tidur jangan terlalu malam.

Persiapan mental ialah persiapan yang berkaitan dengan sikap mental, psikis, dan emosi. Upayakan agar situasi pribadi terutama sikap emosional tetap stabil. Pertentangan yang dialami dalam diri, situasi kekecewaan (frustrasi, suasana kesedihan dan sebagainya) akan berdampak buruk terhadap hasil belajar Anda. Yang mesti diperhatian adalah Anda harus menjaga suasana hati/emosi. Diharapkan emosi Anda tetap tenang dan stabil menjelang ujian. Sebelum ujian Anda mampu mengatasi hal-hal mungkin akan mengganggu konsentrasi belajar Anda. Agar pikiran Anda tidak terbagi dan tetap terpusat dalam menghadapi ujian, perbanyaklah melakukan ibadah, karena ibadah merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan ketenangan.

Persiapan Teknis

Persiapan teknis yaitu persiapan yang berkaitan dengan penyediaan perlengkapan yang akan digunakan dalam ujian nanti, misalnya pena, mistar penghapus, pensil, dan peraut pensil. Perlengkapan itu sebaiknya disiapkan H-1 sebelum ujian. Anda tidak akan lulus jika ternyata pensil 2B yang akan Anda pakai ternyata palsu, karena proses pemeriksaan hasil ujian menggunakan teknologi komputer. Sebelum ujian, yakinkan bahwa pensil 2B yang digunakan adalah benar-benar asli. Selain itu, sebelum ujian berlangsung Anda harus mengecek lokasi ujian dan tempat duduk.

Persiapan Materi Uji

Persiapan materi uji merupakan persiapan yang sangat penting karena persiapan materi uji ini akan menentukan kelulusan Anda. Persiapan materi uji hendaknya dilakukan sejak dini (jauh-jauh hari sebelum ujian). Menurut penelitian beberapa ahli, belajar borongan itu tidak baik dan hasilnya hanya membawa kesia-siaan. Jadi, disarankan H-1 sebelum ujian Anda tidak diperkenankan lagi memporsil diri untuk belajar. Istirahat yang cukup.

Perbanyak latihan menjawab soal dengan teman. Caranya: Ajaklah teman Anda untuk membentuk kelompok kecil sebagai kelompok belajar. Pesertanya tidak lebih dari 3 orang. Jika pesertanya terlalu banyak (lebih dari 3 orang), dikhawatirkan proses belajar menjadi tidak fokus pada materi yang akan dipelajari.

Pada Saat Ujian

Ada 10 hal yang harus diperhatikan pada saat ujian, yaitu:

1. Pastikan bahwa Anda tidak lupa membawa kartu peserta ujian.
2. Pastikan bahwa Anda tidak terlambat datang ke lokasi ujian.
3. Pastikan bahwa Anda tidak lupa membawa perlengkapan ujian, seperti pena, pensil 2B, mistar, penghapus, atau papan alas.
4. Pastikan bahwa Anda tidak melanggar tata tertib ujian. Anda bisa dikeluarkan dari ruang ujian jika melanggar.
5. Pastikan bahwa semua identitas Anda ditulis dengan benar dan lengkap di lembar jawaban.
6. Kerjakan soal dengan tenang.
7. Pusatkan pikiran Anda untuk selalu berkonsentrasi menjawab soal-soal.
8. Awali semua pekerjaan dengan berdoa kepada Allah SWT.
9. Dahulukan menyelesaikan soal yang dianggap mudah, kemudian baru Anda berusaha untuk menyelesaikan soal yang sulit atau yang tadi merasa ragu-ragu untuk menjawabnya.
10. 15 menit sebelum waktu ujian berakhir sebaiknya Anda sudah selesai menyelesaikan ujian, agar anda memiliki waktu untuk mengoreksi ulang mengenai identitas (nama dan nomor ujian), soal dan jawaban anda.

Selamat mengikuti Ujian Nasional, semoga Anda sukses.
Read More - MENGHADAPI UN

TIPS WAJAH CERAH

Diposkan oleh cika wanda di 03.20 0 komentar
Pagi hari wajah anda masih kelihatan segar.... tetapi kesegaran akan hilang menjelang siang hari. Apalagi aktivitas begitu padat di kantor anda. Ngggaak usah kuatir .............. dibawah inia da tips agar wajah tetap selalu segar walaupun aktivitas padat.

1. Minum air putih delapan gelas sehari...................................... siapkan selalu botol berisi air putih di meja kerja anda. Ingaaat ...... kekurangan air putih akan menyebabkan kulit kering dan tubuh menjadi lemas.
2. Konsumsi buah-buahan segar................................................ pilih buah yang banyak mengandung air dan praktis dibawa dalam tas anda. contoh...... apel, jeruk, pir dsb. Mengkonsumsi buah akan membantu mengembalikan kebugaran anda.
3. Lakukan gerakan ringan ....................................................... aktivitas kerja kadang membuat tangan dan leher tegang. Apalagi secara terus menerus bekerja dengan komputer. Lakukan stretching ringan tanpa keluar dari ruangan. contoh mengangkat kedua tangan ke atas kepala sambil menarik nafas dalam-dalam kemudian keluarkan perlahan-lahan. Hal ini bisa dilakukan dengan duduk ataupun berdiri.
4. Dengarkan musik lembut...................................................... mendengarkan musik salah satu cara untuk mengatasi pikiran yang sedang suntuk. Pasang volume sesuai dengan konsumsi telinga, kalau perlu lewat earphone.
5. Lakukan senam muka ........................................................ saat anda mulai ngantuk ..... basuhlah wajah anda dengan air dingin kemudian keringkan dengan tisu. Lakukan senam wajah dengan membuka mulut lebar-lebar kemudian mengatupkannya dan memelototkan mata dengan gerakan bola mata ke kiri dan ke kanan. Setelah itu rapikan penampilan anda.
6. Ubah posisi duduk.............................................................. agar tidak pegal-pegal, jangan terus menerus mempertahankan posisi anda. ubahlah posisi duduk anda.


Lebih lanjut tentang: Wajah Tetap Cerah Dalam Kesibukan
Read More - TIPS WAJAH CERAH

SPONGEBOB SQUAREPANTS

Diposkan oleh cika wanda di 02.41 0 komentar

SpongeBob SquarePants adalah sebuah serial film animasi yang paling populer di Nickelodeon. Pada awalnya serial kartun ini ditayangkan pada tahun 1999 di Amerika Serikat dan dicipta oleh Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut, dan diterbitkan oleh perusahaan beliau, United Plankton Pictures Inc. Seri kartun ini ditayangkan di Malaysia menerusi saluran Nickelodeon dan TV3, dan juga melalui saluran TV9 yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu.
Di Indonesia serial ini dipopulerkan oleh Lativi (sekarang TvOne), kemudian hak tayang acara-acara yang diproduksi oleh Nickelodeon dibeli oleh Global TV. Kartun ini diciptakan oleh seorang ahli biologi laut dan animator Stephen Hillenburg dan lalu dirilis melalui perusahaannya United Plankton Pictures Inc. Serial ini settingnya berada di Samudra Pasifik di kota Bikini Bottom.


LATAR
Bikini Bottom
SpongeBob SquarePants ialah seekor spons yang tinggal dalam sebuah rumah nanas dalam laut di kota Bikini Bottom, manakala tetanggannya Squidward Tentacles ialah seekor gurita yang tinggal dalam rumah moai. Tetangga SpongeBob yang lain dan teman akrabnya, Patrick Star seekor bintang laut merah muda, tinggal di bawah sebuah batu. Rumah Squidward terletak di antara rumah Spongebob dan rumah Patrick, dan inilah yang meresahkan Squidward.
SpongeBob dan kawan-kawannya tinggal di kota Bikini Bottom dalam lautan Pasifik. Bikini Bottom dilihatkan sebagai sebuah kota biasa dengan pusat kota, pinggir kota, kawasan pantai, lapangan terbang, rangkaian bunga laut dan taman hiburan sendiri. Stephen Hillenburg pernah berkata bahawa Bikini Bottom direka lebih kurang berdasarkan kota Seattle, Washington.
Hewan peliharaan SpongeBob ialah seekor siput laut bernama Gary, yang "mengeong" seperti kucing. Meskipun tidak banyak berbicara (kecuali dalam beberapa episode), watak-watak lain kelihatan mampu memahaminya. Tambahan pula, cacing laut menyalak seperti anjing dan dirantai. Ubur-ubur disamakan dengan lebah; bunyi desas-desus, sengatan bisa (tetapi kelihatan seperti kejutan elektrik), dan menghasilkan "jeli" yang lezat, memperolok-olok nama "jellyfish" sambil membandingkan jeli dengan madu lebah. Ikan berperan sebagai warga kota tetapi tidak dijadikan tokoh penting.
SpongeBob SquarePants yang penyerap, kuning, dan berlubang ini, bekerja sebagai juru masak di Krusty Krab, sebuah restoran makanan cepat saji, dimana Squidward juga bekerja sebagai kasir. Krusty Krab dimiliki Eugene H. Krabs (Mr. Krabs). Sheldon J. Plankton adalah musuh bebuyutan Krabs yang memiliki sebuah restoran makanan cepat saji bertaraf rendah bernama The Chum Bucket yang terletak berhadapan Krusty Krab. The Chum Bucket seolah-olah tidak pernah dikunjungi pelanggan, dan Plankton meluangkan kebanyakan waktunya untuk merancang peralatan untuk mencuri resep burger Krabby Patty milik Mr. Krabs. Plankton hanya berhasil mencuri resep itu dalam The SpongeBob SquarePants Movie; formulanya tidak pernah diperlihatkan kepada penonton. Istri komputer Plankton, Karen, kadang-kala membantunya dalam rancangan jahatnya atau bertengkar dengannya.
Satu lagi kawan SpongeBob ialah Sandy Cheeks, seekor tupai yang berasal dari Texas dan tinggal di dalam kubah anti-air di Bikini Bottom. Dia diantar ke dalam lautan oleh majikan-majikannya yang berupa simpanse. Ketika di luar kubahnya, dia memakai baju seperti Astronot.
Penduduk Bikini Bottom mengendarai kapal seolah-olah mobil. SpongeBob masih belajar dalam sekolah mengemudi setelah sering sekali gagal dalam ujian mengemudi (ada 2 versi tentang ketidaklulusan ini, yaitu 58 kali (menurut episode "Drive to Tears") dan 1.000.006 kali (menurut episode "Mrs.Puff,you Fired")). Setiap pergerakan menghasilkan gelembung untuk mengingkatkan penonton bahawa cerita ini berlatarkan lautan. Namun begitu, terdapat babak-babak di mana terdapat selapisan air yang berasingan daripada air lautan (seperti adanya pantai) dan api bisa dinyalakan dalam lautan.

Watak
Tokoh utama Spongebob adalah sebuah spons laut berwarna kuning yang hidup bersama peliharaannya, Gary, seekor siput laut yang berperilaku sebagai kucing.
Spongebob tinggal bertetangga dengan sahabatnya Patrick, seekor bintang laut dan tetangga yang selalu memusuhinya: Squidward, seekor gurita yang tidak senang bersosialisasi, memiliki sifat penggerutu, dan hobi bermain klarinet.
Kelucuan-kelucuan dalam cerita serial ini bersumber dari perilaku sehari-hari Spongebob yang polos, optimis, selalu ceria, dan memiliki prasangka baik terhadap siapapun.
Terkadang perilaku ini membawa bencana, dimanfaatkan, atau terjadi salah paham kala disatukan dengan sifat-sifat mahluk lain yang tinggal di Bikini Bottom.
Tokoh
• SpongeBob SquarePants - tokoh utama dalam kartun ini yang berbentuk spon berwarna kuning. Spongebob tinggal di dalam rumah berbentuk nanas di dalam laut. Dia juga memelihara seekor siput yang bernama Gary. Merupakan koki di Krusty Krab yang terkenal dengan makanannya Krabby Patty.
• Squidward Tentacles - seekor gurita yang tinggal di dalam kepala Pulau Easter. Sangat benci pada Spongebob dan Patrick yang suka mengganggunya. Dia mempunyai seorang saingan yang juga seekor gurita bernama Squilliam Fancyson. Merupakan kasir di Krusty Krab yang pemalas, sangat menyukai dansa, dan sempat pindah rumah karena rumahnya dihancurkan Spongebob dan Patrick di salah satu episode.
• Patrick Star - Teman akrab Spongebob yang berbentuk Bintang laut. Patrick tinggal di bawah batu. Patrick merupakan penduduk paling bodoh di Bikini Bottom.
• Eugene H. Krabs (Tuan Krabs) - pemilik restoran Krusty Krab yang hanya memikirkan soal uang (dia dikatakan sangat serakah dan pelit). Spongebob dan Squidward bekerja kepadanya.
• Sandy Cheeks (Sandy si Tupai) - seekor tupai yang tinggal di dalam laut. Sandy menyukai karate, dikatakan suka meminum saus yang amat pedas dan juga aksi-aksi "stunt". Nama asli Sandy adalah Sandra "Sandy" Cheeks. Dia tinggal di sebuah kubah anti-air yang mempunyai sebatang pohon besar.
• Gary - Seekor siput peliharaan Spongebob. Berbunyi seperti kucing dan merupakan siput yang bijak. Tidak suka kepada Squidward.
• Sheldon J. Plankton - pemilik restoran Chum Bucket. Amat terobsesi dengan Krabby Patty sehingga sanggup mencuri resepnya (tapi tak pernah menang).
• Larry Lobster - seekor udang karang yang sangat kuat. Kerap kali dapat dilihat di Goo Lagoon.
• Pearl Krabs - seekor ikan paus yang merupakan anak Mr. Krabs. Amat menyukai hiburan dan berumur 16 tahun dalam episode "Whale of a Bhirtday".
• Mermaidman - merupakan salah seorang pahlawan super (yang sudah tua) di Bikini Bottom.
• Barnacleboy - Teman Mermaidman dan kurang menyukai Spongebob (dan juga gelarannya yang mengandungi "boy", padahal sudah cukup tua seperti Mermaidman).
• Dirty Bubble - partner dari Man Ray. Merupakan musuh dari Mermaidman dan Barnacleboy. Wujudnya seperti Gelembung udara berwarna Cokelat.
• Man Ray* - Merupakan Musuh terbesar dari Mermaidman dan Barnacleboy. Bentuk tubuh dan Wujudnya seperti Ultraman.
Read More - SPONGEBOB SQUAREPANTS

TIMOR LESTE

Diposkan oleh cika wanda di 02.33 0 komentar

Ibu Kota : Dili.
Luas Wilayah : 14,874 Km2.
Bahasa : Melayu.
Agama : Katolik Roma, Protestan, Islam.
Bentuk Pemerintah : Republik.
Kepala Negara : Presiden.
Kepala Pemerintah : Perdana Menteri.
Hasil Tambang : Nikel, batubara, bijih timah.
Ekspor : Karet, gula, semen
Impor : Beras, bahan pangan.
Pendapatan/kapita : $1800
Mata Uang : Dollar
Hasil Industri : Berlian, pakainan, tekstil.
Read More - TIMOR LESTE

VIETNAM

Diposkan oleh cika wanda di 02.31 0 komentar

Ibu Kota : Hanoi.
Luas Wilayah : 331,690 Km2.
Lagu Kebangsaan : Quoc Ca.
Bahasa : Vietnam(resmi), Cina, Perancis, Inggris, Khmer, Cham.
Agama : Budha Mahayana, Budha Theravada, Kristen, Tao,
Konghucu, Islam.
Bentuk Pemerintah : Republik Sosialis.
Kepala Negara : Presiden.
Hasil Tambang : endapan antrasit, batubara, bijih besi, timah, grafit,
Emas.
Ekspor : batubara, bijih logam, semen, karet, gula, ikan.
Impor : minyak bumi, petrokimia, mesin-mesin, gandum.
Pendapatan/kapita : $2600
Mata Uang : Dong
Hasil Industri : Kabel, mesin-mesin.
Read More - VIETNAM

SINGAPURA

Diposkan oleh cika wanda di 02.30 0 komentar

Ibu Kota : Singapura.
Luas Wilayah : 685 Km2.
Lagu Kebangsaan : Majulah Singapura.
Bahasa : Melayu(resmi), Cina(resmi), Tamil(resmi),
Inggris(resmi).
Agama : Budha, Konghucu, Hindu, Islam, Katholik, Roma,
Protestan.
Bentuk Pemerintah : Republik.
Kepala Negara : Presiden.
Kepala Pemerintah : Perdana Menteri.
Hasil Tambang : batubara, timah, logam.
Ekspor : Minyak bumi mentah, timah putih, gas alam, karet,
Kina, lada, kopra, tepung tapioka, kayu.
Impor : minyak bumi masak, pipa besi baja, kapal, bahan
Kimia, alat-alat elektronik.
Pendapatan/kapita : $49700
Mata Uang : Dollar Singapura
Hasil Industri : Timah, tekstil, kimia, kabel, perkapalan.
Read More - SINGAPURA

MYANMAR

Diposkan oleh cika wanda di 02.28 0 komentar

Ibu Kota : Yangon.
Luas Wilayah : 676,552 Km2.
Lagu Kebangsaan : Kaba Makye.
Bahasa : Burma(resmi), Inggris.
Agama : Budha, Protestan, islam, kepercayaan asli.
Bentuk Pemerintah : Pemerintahan Militer.
Kepala Negara : Presiden.
Kepala Pemerintah : Perdana Menteri.
Hasil Tambang : Mineral, minyak bumi, gas alam, timah, tungsten, seng,
Merkuri, batubara.
Ekspor : Beras, kayu, dan barang-barang logam.
Impor : mesin-mesin, alat angkutan, barang-barang logam,
Kertas, pupuk, dan obat-obatan.
Pendapatan/kapita : $1900
Mata Uang : Kyat
Hasil Industri : Bahan kimia, alat transportasi.
Read More - MYANMAR

LAOS

Diposkan oleh cika wanda di 02.26 0 komentar

Ibu Kota : Kuala Lumpur.
Luas Wilayah : 236,800 Km2.
Lagu Kebangsaan : Pheng Xat Lao.
Bahasa : Lao(resmi), Perancis, Inggris.
Agama : Budha, Animisme, Kristen, Islam.
Bentuk Pemerintah : Republik, Negara Komunis.
Kepala Negara : Presiden.
Kepala Pemerintah : Perdana Menteri
Hasil Tambang : Timah, bijih besi, tembaga, batubara, timah hitam.
Ekspor : Bijih timah, kayu, kapas, kopi hijau, kapur barus, kulit.
Impor : beras dan bahan pangan lain, produk minyak, mesin-
Mesin.
Pendapatan/kapita : $2100
Mata Uang : Kip atau Ngeun Kip Mai
Hasil Industri : tekstil, pakainan.
Read More - LAOS

KAMBOJA

Diposkan oleh cika wanda di 02.25 0 komentar

Ibu Kota : Phnom Penh.
Luas Wilayah : 181,035 Km2.
Lagu Kebangsaan : Nokoreach.
Bahasa : Khmer(resmi), dan Perancis.
Agama : Budha Theravada, Islam, Native belief (kepercayaan
Asli).
Bentuk Pemerintah : Monarki Konstitusional.
Hasil Tambang : Timah, besi, minyak, bauksit.
Ekspor : Bijih timah, kayu, logam.
Impor : Mesin-mesin, alat angkutan.
Pendapatan/kapita : $1800
Mata Uang : Riel
Hasil Industri : Bahan kimia.$
Read More - KAMBOJA

BRUNEI DARUSSALAM

Diposkan oleh cika wanda di 02.23 0 komentar

Ibu Kota : Bandar Seri Bengawan
Luas Wilayah : 5,754 Km2
Lagu Kebangsaan : Tuhan Memberkati Brunei
Bahasa : Melayu(resmi), Inggris, dan Cina.
Bentuk Pemerintah : Monarki
Kepala Negara : Sultan
Kepala Pemerintah : Sultan
Hasil Tambang : Minyak bumi, gas alam,.
Ekspor : Elektronik, kerajinan, mesin-mesin.
Impor : Beras, bahan pangan.
Pendapatan/kapita : $15000
Mata Uang : Dollar Brunei
Hasil Industri : Elektronik, pakainan, tekstil.
Read More - BRUNEI DARUSSALAM

FILIPINA

Diposkan oleh cika wanda di 02.22 0 komentar

Ibu Kota : Manila.
Luas Wilayah : 300,324 Km2.
Lagu Kebangsaan : Tierra Adarada.
Bahasa : Tagalog(resmi), Inggris, Spanyol.
Agama : Katholik, Protestan, dan Islam.
Bentuk Pemerintahan : Republik.
Kepala Negara : Presiden
Kepala Pemerintah : Presiden
Hasil Tambang : Chromium, kobalt, tembaga, emas, nikel, sulfur, seng,
Besi.
Ekspor : Elektronik, garmen, komponen listrik kendaraan
Bermotor, kerajinan dan furniture.
Impor : Elektronik, oli, mesin industri, kendaraan, baja,
Aluminium.
Pendapatan/kapita : $3400
Mata Uang : Peso
Hasil Industri : Ikan kaleng, pengemasan madu.
Read More - FILIPINA

THAILAND

Diposkan oleh cika wanda di 02.19 0 komentar

Ibu Kota : Bangkok
Luas Wilayah : 513,998 Km2
Lagu Kebangsaan : Pleng Chard
Bahasa : Thai(resmi), Cina, Inggris.
Agama : Budha(resmi), Islam, Kristen.
Bentuk Pemerintahan : Kerajaan.
Kepala Negara : Raja.
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri.
Hasil Tambang : Antimonium, timah, besi, mangan.
Ekspor : Tekstil, omputer dan komponen nya, integrated circuit,
berlian, pakaian.
Import : Mesin Industri, baja, alat-alat listrik, suku cadang
Kendaraan.
Pendapatan/kapita : US$ 2750 (thn 2005).
Mata uang : Bath.
Hasil Industri : Elektronik, berlian, pakaian, dan tekstil.
Read More - THAILAND

MALAYSIA

Diposkan oleh cika wanda di 02.17 0 komentar

Ibu Kota : Kualam Lumpur.
Luas Wilayah : 329,758 km2.
Lagu Kebangsaan : Negara-Ku.
Bahasa : Melayu.
Agama : Islam(resmi), Budha, Hindu, Kristen, Konghucu.
Bentuk Pemerintahan : Kerajaan.
Kepala Negara : Sultan yang dipertuankan.
Kepala Pemerintahan : Kerajaan.
Hasil Tambang : Timah, besi, minyak, bauksit.
Ekspor : Elektronik, alat-alat listrik, minyak dan gas, tekstil,
pakaian, dan minyak sawit.
Import : Alat-alat industri, mesin, dan transportasi.
Pendapatan/kapita : US$ 4960 (thn 2005).
Mata uang : Ringgit Malaysia.
Hasil Industri : Elektronik, tekstil, pakaian, kimia, minyak, mebel dari
kayu, dan rotan.
Read More - MALAYSIA

ASEAN

Diposkan oleh cika wanda di 02.14 0 komentar
Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya. Negara-negara anggota ASEAN mengadakan rapat umum pada setiap bulan November.
ASEAN didirikan oleh lima negara pemrakarsa, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand di Bangkok melalui Deklarasi Bangkok. Menteri luar negeri penanda tangan Deklarasi Bangkok kala itu ialah Adam Malik (Indonesia), Narciso Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand).
Isi Deklarasi Bangkok adalah sebagai berikut:
• Mempercepat pertumubuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara
• Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
• Meningkatkan kerjasama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik,ilmu pengetahuan, dan administrasi
• Memelihara kerjasama yang erat di tengah - tengah organisasi regional dan internasional yang ada
• Meningkatkan kerjasama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara
Brunei Darussalam menjadi anggota pertama ASEAN di luar lima negara pemrakarsa. Brunei Darussalam bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 7 Januari 1984 (tepat seminggu setelah memperingati hari kemerdekannya). Sebelas tahun kemudian, ASEAN kembali menerima anggota baru, yaitu Vietnam yang menjadi anggota yang ketujuh pada tanggal 28 Juli 1995. Dua tahun kemudian, Laos dan Myanmar menyusul masuk menjadi anggota ASEAN, yaitu pada tanggal 23 Juli 1997. Walaupun Kamboja berencana untuk bergabung menjadi anggota ASEAN bersama dengan Myanmar dan Laos, rencana tersebut terpaksa ditunda karena adanya masalah politik dalam negeri Kamboja. Meskipun begitu, dua tahun kemudian Kamboja akhirnya bergabung menjadi anggota ASEAN yaitu pada tanggal 16 Desember 1998.
Read More - ASEAN

A GOAT AND WOLF

Diposkan oleh cika wanda di 02.12 0 komentar
A wolf who thirst arrived on the shores of a lake. When about to drink he saw a goat was drinking too in that place. But unlike the other goats who will run away when the see it, this one goat to stay calm to continue drinking. With surprise, the wolf approached the goat.
"Hello goat! How are you doing? "she said
"Oh, the good news wolves. How about you? "replied the goat.
"Good, too," replied the wolf. "By the way why are you not afraid to see me? Would not your friends will usually run away when the see me? "

"Ah, you forget me?" asked the goat. "Just you watch me carefully and remember, you must know me!"
Wolves try to remember where he had met with goat this one. Then suddenly he remembered, "o yeah I remember! Are not you the goat who had saved me? "

Wolves remember, at that time he was busy eating beef quarry when suddenly the sound of gunfire and screams of goats. Apparently goat butting the hunter that shot the wolf escaped and survived.
"Forgive me friend," said the wolf. "Earlier I almost did not recognize you. Thank you because you have saved me! "
"Likewise my friends!" said the goat. Then the goat was saying good-bye. In goat liver grateful not to be eaten by wolves.
Read More - A GOAT AND WOLF

AKIBAT PEMANASAN GLOBAL

Diposkan oleh cika wanda di 02.07 0 komentar
2.Efek umpan balik
Efek-efek dari agen penyebab pemanasan global juga dipengaruhi oleh berbagai proses umpan balik yang dihasilkannya. Sebagai contoh adalah pada penguapan air. Pada kasus pemanasan akibat bertambahnya gas-gas rumah kaca seperti CO2, pemanasan pada awalnya akan menyebabkan lebih banyaknya air yang menguap ke atmosfer. Karena uap air sendiri merupakan gas rumah kaca, pemanasan akan terus berlanjut dan menambah jumlah uap air di udara hingga tercapainya suatu kesetimbangan konsentrasi uap air. Efek rumah kaca yang dihasilkannya lebih besar bila dibandingkan oleh akibat gas CO2 sendiri. (Walaupun umpan balik ini meningkatkan kandungan air absolut di udara,kelembaban relatif udara hampir konstan atau bahkan agak menurun karena udara menjadi menghangat). Umpan balik ini hanya dapat dibalikkan secara perlahan-lahan karena CO2 memiliki usia yang panjang di atmosfer.
Efek-efek umpan balik karena pengaruh awan sedang menjadi objek penelitian saat ini. Bila dilihat dari bawah, awan akan memantulkan radiasi infra merah balik ke permukaan, sehingga akan meningkatkan efek pemanasan. Sebaliknya bila dilihat dari atas, awan tersebut akan memantulkan sinar Matahari dan radiasi infra merah ke angkasa, sehingga meningkatkan efek pendinginan. Apakah efek netto-nya pemanasan atau pendinginan tergantung pada beberapa detail-detail tertentu seperti tipe dan ketinggian awan tersebut. Detail-detail ini sulit direpresentasikan dalam model iklim, antara lain karena awan sangat kecil bila dibandingkan dengan jarak antara batas-batas komputasional dalam model iklim (sekitar 125 hingga 500 km untuk model yang digunakan dalam Laporan Pandangan IPCC ke Empat



Umpan balik penting lainnya adalah hilangnya kemampuan memantulkan cahaya (albedo) oleh es.Ketika temperatur global meningkat, es yang berada di dekat kutub mencair dengan kecepatan yang terus meningkat. Bersama dengan melelehnya es tersebut, daratan atau air dibawahnya akan terbuka. Baik daratan maupun air memiliki kemampuan memantulkan cahaya lebih sedikit bila dibandingkan dengan es, dan akibatnya akan menyerap lebih banyak radiasi Matahari. Hal ini akan menambah pemanasan dan menimbulkan lebih banyak lagi es yang mencair, menjadi suatu siklus yang berkelanjutan.
Umpan balik positif akibat terlepasnya CO2 dan CH4 dari melunaknya tanah beku (permafrost) adalah mekanisme lainnya yang berkontribusi terhadap pemanasan. Selain itu, es yang meleleh juga akan melepas CH4 yang juga menimbulkan umpan balik positif.
Kemampuan lautan untuk menyerap karbon juga akan berkurang bila ia menghangat, hal ini diakibatkan oleh menurunya tingkat nutrien pada zona mesopelagic sehingga membatasi pertumbuhan diatom daripada fitoplankton yang merupakan penyerap karbon yang rendah.

3.Variasi Matahari
Terdapat hipotesa yang menyatakan bahwa variasi dari Matahari, dengan kemungkinan diperkuat oleh umpan balik dari awan, dapat memberi kontribusi dalam pemanasan saat ini. Perbedaan antara mekanisme ini dengan pemanasan akibat efek rumah kaca adalah meningkatnya aktivitas Matahari akan memanaskan stratosfer sebaliknya efek rumah kaca akan mendinginkan stratosfer. Pendinginan stratosfer bagian bawah paling tidak telah diamati sejak tahun 1960, yang tidak akan terjadi bila aktivitas Matahari menjadi kontributor utama pemanasan saat ini. (Penipisan lapisan ozon juga dapat memberikan efek pendinginan tersebut tetapi penipisan tersebut terjadi mulai akhir tahun 1970-an.) Fenomena variasi Matahari dikombinasikan dengan aktivitas gunung berapi mungkin telah memberikan efek pemanasan dari masa pra-industri hingga tahun 1950, serta efek pendinginan sejak tahun 1950.
Dampak Pemanasan global atau Global warming
1.Cuaca
Para ilmuan memperkirakan bahwa selama pemanasan global, daerah bagian Utara dari belahan Bumi Utara (Northern Hemisphere) akan memanas lebih dari daerah-daerah lain di Bumi. Akibatnya, gunung-gunung es akan mencair dan daratan akan mengecil. Akan lebih sedikit es yang terapung di perairan Utara tersebut. Daerah-daerah yang sebelumnya mengalami salju ringan, mungkin tidak akan mengalaminya lagi. Pada pegunungan di daerah subtropis, bagian yang ditutupi salju akan semakin sedikit serta akan lebih cepat mencair. Musim tanam akan lebih panjang di beberapa area. Temperatur pada musim dingin dan malam hari akan cenderung untuk meningkat. Daerah hangat akan menjadi lebih lembab karena lebih banyak air yang menguap dari lautan. Para ilmuan belum begitu yakin apakah kelembaban tersebut malah akan meningkatkan atau menurunkan pemanasan yang lebih jauh lagi. Hal ini disebabkan karena uap air merupakan gas rumah kaca, sehingga keberadaannya akan meningkatkan efek insulasi pada atmosfer.


Akan tetapi, uap air yang lebih banyak juga akan membentuk awan yang lebih banyak, sehingga akan memantulkan cahaya matahari kembali ke angkasa luar, di mana hal ini akan menurunkan proses pemanasan (lihat siklus air). Kelembaban yang tinggi akan meningkatkan curah hujan, secara rata-rata, sekitar 1 persen untuk setiap derajat Fahrenheit pemanasan.(Curah hujan di seluruh dunia telah meningkat sebesar 1 persen dalam seratus tahun terakhir ini). Badai akan menjadi lebih sering. Selain itu, air akan lebih cepat menguap dari tanah. Akibatnya beberapa daerah akan menjadi lebih kering dari sebelumnya. Angin akan bertiup lebih kencang dan mungkin dengan pola yang berbeda. Topan badai (hurricane) yang memperoleh kekuatannya dari penguapan air, akan menjadi lebih besar. Berlawanan dengan pemanasan yang terjadi, beberapa periode yang sangat dingin mungkin akan terjadi. Pola cuaca menjadi tidak terprediksi dan lebih ekstrim.
2.Tinggi muka laut
Perubahan tinggi rata-rata muka laut diukur dari daerah dengan lingkungan yang stabil secara geologi. Ketika atmosfer menghangat, lapisan permukaan lautan juga akan menghangat, sehingga volumenya akan membesar dan menaikkan tinggi permukaan laut. Pemanasan juga akan mencairkan banyak es di kutub, terutama sekitar Greenland, yang lebih memperbanyak volume air di laut. Tinggi muka laut di seluruh dunia telah meningkat 10 – 25 cm (4 – 10 inchi) selama abad ke-20, dan para ilmuan IPCC memprediksi peningkatan lebih lanjut 9 – 88 cm (4 – 35 inchi) pada abad ke-21. Perubahan tinggi muka laut akan sangat mempengaruhi kehidupan di daerah pantai. Kenaikan 100 cm (40 inchi) akan menenggelamkan 6 persen daerah Belanda, 17,5 persen daerah Bangladesh, dan banyak pulau-pulau. Erosi dari tebing, pantai, dan bukit pasir akan meningkat. Ketika tinggi lautan mencapai muara sungai, banjir akibat air pasang akan meningkat di daratan. Negara-negara kaya akan menghabiskan dana yang sangat besar untuk melindungi daerah pantainya, sedangkan negara-negara miskin mungkin hanya dapat melakukan evakuasi dari daerah pantai.Bahkan sedikit kenaikan tinggi muka laut akan sangat mempengaruhi ekosistem pantai. Kenaikan 50 cm (20 inchi) akan menenggelamkan separuh dari rawa-rawa pantai di Amerika Serikat. Rawa-rawa baru juga akan terbentuk, tetapi tidak di area perkotaan dan daerah yang sudah dibangun. Kenaikan muka laut ini akan menutupi sebagian besar dari Florida Everglades.
3.Pertanian
Orang mungkin beranggapan bahwa Bumi yang hangat akan menghasilkan lebih banyak makanan dari sebelumnya, tetapi hal ini sebenarnya tidak sama di beberapa tempat. Bagian Selatan Kanada, sebagai contoh, mungkin akan mendapat keuntungan dari lebih tingginya curah hujan dan lebih lamanya masa tanam. Di lain pihak, lahan pertanian tropis semi kering di beberapa bagian Afrika mungkin tidak dapat tumbuh. Daerah pertanian gurun yang menggunakan air irigasi dari gunung-gunung yang jauh dapat menderita jika snowpack (kumpulan salju) musim dingin, yang berfungsi sebagai reservoir alami, akan mencair sebelum puncak bulan-bulan masa tanam. Tanaman pangan dan hutan dapat mengalami serangan serangga dan penyakit yang lebih hebat.
4.Hewan dan tumbuhan
Hewan dan tumbuhan menjadi makhluk hidup yang sulit menghindar dari efek pemanasan ini karena sebagian besar lahan telah dikuasai manusia. Dalam pemanasan global, hewan cenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau ke atas pegunungan. Tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya, mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat. Akan tetapi, pembangunan manusia akan menghalangi perpindahan ini.

Spesies-spesies yang bermigrasi ke utara atau selatan yang terhalangi oleh kota-kota atau lahan-lahan pertanian mungkin akan mati. Beberapa tipe spesies yang tidak mampu secara cepat berpindah menuju kutub mungkin juga akan musnah.
5.Kesehatan manusia
Di dunia yang hangat, para ilmuan memprediksi bahwa lebih banyak orang yang terkena penyakit atau meninggal karena stress panas. Wabah penyakit yang biasa ditemukan di daerah tropis, seperti penyakit yang diakibatkan nyamuk dan hewan pembawa penyakit lainnya, akan semakin meluas karena mereka dapat berpindah ke daerah yang sebelumnya terlalu dingin bagi mereka. Saat ini, 45 persen penduduk dunia tinggal di daerah di mana mereka dapat tergigit oleh nyamuk pembawa parasit malaria; persentase itu akan meningkat menjadi 60 persen jika temperature meningkat. Penyakit-penyakit tropis lainnya juga dapat menyebar seperti malaria, seperti demam dengue, demam kuning, dan encephalitis. Para ilmuan juga memprediksi meningkatnya insiden alergi dan penyakit pernafasan karena udara yang lebih hangat akan memperbanyak polutan, spora mold dan serbuk sari.
Solusi Pengendalian pemanasan global
Konsumsi total bahan bakar fosil di dunia selalu meningkat. Langkah-langkah yang dilakukan atau yang sedang diskusikan saat ini tidak ada yang dapat mencegah pemanasan global di masa depan. Tantangan yang ada saat ini adalah mengatasi efek yang timbul sambil melakukan langkah-langkah untuk mencegah semakin berubahnya iklim di masa depan. Kerusakan yang parah dapat diatasi dengan berbagai cara. Daerah pantai dapat dilindungi dengan dinding dan penghalang untuk mencegah masuknya air laut. Cara lainnya, pemerintah dapat membantu populasi di pantai untuk pindah ke daerah yang lebih tinggi. Beberapa negara, seperti Amerika Serikat, dapat menyelamatkan tumbuhan dan hewan dengan tetap menjaga koridor (jalur) habitatnya, mengosongkan tanah yang belum dibangun dari selatan ke utara. Spesies-spesies dapat secara perlahan-lahan berpindah sepanjang koridor ini untuk menuju ke habitat yang lebih dingin.
Ada dua pendekatan utama untuk memperlambat semakin bertambahnya gas rumah kaca.
1.Menghilangkan karbon
Cara yang paling mudah untuk menghilangkan karbondioksida di udara adalah dengan memelihara pepohonan dan menanam pohon lebih banyak lagi. Pohon, terutama yang muda dan cepat pertumbuhannya, menyerap karbondioksida yang sangat banyak, memecahnya melalui fotosintesis, dan menyimpan karbon dalam kayunya. Di seluruh dunia, tingkat perambahan hutan telah mencapai level yang mengkhawatirkan. Langkah untuk mengatasi hal ini adalah dengan penghutanan kembali yang berperan dalam mengurangi semakin bertambahnya gas rumah kaca. Gas karbondioksida juga dapat dihilangkan secara langsung. Caranya dengan menyuntikkan (menginjeksikan) gas tersebut ke sumur-sumur minyak untuk mendorong agar minyak bumi keluar ke permukaan (lihat Enhanced Oil Recovery). Injeksi juga bisa dilakukan untuk mengisolasi gas ini di bawah tanah seperti dalam sumur minyak, lapisan batubara atau aquifer. Hal ini telah dilakukan di salah satu anjungan pengeboran lepas pantai Norwegia, di mana karbondioksida yang terbawa ke permukaan bersama gas alam ditangkap dan diinjeksikan kembali ke aquifer sehingga tidak dapat kembali ke permukaan.


Salah satu sumber penyumbang karbondioksida adalah pembakaran bahan bakar fosil. Pada saat itu, batubara menjadi sumber energi dominan untuk kemudian digantikan oleh minyak bumi pada pertengahan abad ke-19. Pada abad ke-20, energi gas mulai biasa digunakan di dunia sebagai sumber energi. Perubahan tren penggunaan bahan bakar fosil ini sebenarnya secara tidak langsung telah mengurangi jumlah karbondioksida yang dilepas ke udara, karena gas melepaskan karbondioksida lebih sedikit bila dibandingkan dengan minyak, apalagi bila dibandingkan dengan batubara. Walaupun demikian, penggunaan energi terbaharui dan energi nuklir lebih mengurangi pelepasan karbondioksida ke udara. Energi nuklir, walaupun kontroversial karena alasan keselamatan dan limbahnya yang berbahaya, bahkan tidak melepas karbondioksida sama sekali.
2.Persetujuan internasional
Kerjasama internasional diperlukan untuk mensukseskan pengurangan gas-gas rumah kaca. Di tahun 1992, pada Earth Summit di Rio de Janeiro, Brazil, 150 negara berikrar untuk menghadapi masalah gas rumah kaca dan setuju untuk menterjemahkan maksud ini dalam suatu perjanjian yang mengikat. Pada tahun 1997 di Jepang, 160 negara merumuskan persetujuan yang lebih kuat yang dikenal dengan Protokol Kyoto.
Perjanjian ini, yang belum diimplementasikan, menyerukan kepada 38 negara-negara industri yang memegang persentase paling besar dalam melepaskan gas-gas rumah kaca untuk memotong emisi mereka ke tingkat 5 persen di bawah emisi tahun 1990. Pengurangan ini harus dapat dicapai paling lambat tahun 2012. Pada mulanya, Amerika Serikat mengajukan diri untuk melakukan pemotongan yang lebih ambisius, menjanjikan pengurangan emisi hingga 7 persen di bawah tingkat 1990; Uni Eropa, yang menginginkan perjanjian yang lebih keras, berkomitmen 8 persen; dan Jepang 6 persen. Sisa 122 negara lainnya, sebagian besar negara berkembang, tidak diminta untuk berkomitmen dalam pengurangan emisi gas.
Akan tetapi, pada tahun 2001, Presiden Amerika Serikat yang baru terpilih, George W. Bush mengumumkan bahwa perjanjian untuk pengurangan karbondioksida tersebut menelan biaya yang sangat besar. Ia juga menyangkal dengan menyatakan bahwa negara-negara berkembang tidak dibebani dengan persyaratan pengurangan karbondioksida ini. Kyoto Protokol tidak berpengaruh apa-apa bila negara-negara industri yang bertanggung jawab menyumbang 55 persen dari emisi gas rumah kaca pada tahun 1990 tidak meratifikasinya. Persyaratan itu berhasil dipenuhi ketika tahun 2004, Presiden Rusia Vladimir Putin meratifikasi perjanjian ini, memberikan jalan untuk berlakunya perjanjian ini mulai 16 Februari 2005.
Banyak orang mengkritik Protokol Kyoto terlalu lemah. Bahkan jika perjanjian ini dilaksanakan segera, ia hanya akan sedikit mengurangi bertambahnya konsentrasi gas-gas rumah kaca di atmosfer. Suatu tindakan yang keras akan diperlukan nanti, terutama karena negara-negara berkembang yang dikecualikan dari perjanjian ini akan menghasilkan separuh dari emisi gas rumah kaca pada 2035. Penentang protokol ini memiliki posisi yang sangat kuat. Penolakan terhadap perjanjian ini di Amerika Serikat terutama dikemukakan oleh industri minyak, industri batubara dan perusahaan-perusahaan lainnya yang produksinya tergantung pada bahan bakar fosil. Para penentang ini mengklaim bahwa biaya ekonomi yang diperlukan untuk melaksanakan Protokol Kyoto dapat menjapai 300 milyar dollar AS, terutama disebabkan oleh biaya energi. Sebaliknya pendukung Protokol Kyoto percaya bahwa biaya yang diperlukan hanya sebesar 88 milyar dollar AS dan dapat lebih kurang lagi

serta dikembalikan dalam bentuk penghematan uang setelah mengubah ke peralatan, kendaraan, dan proses industri yang lebih effisien. Pada suatu negara dengan kebijakan lingkungan yang ketat, ekonominya dapat terus tumbuh walaupun berbagai macam polusi telah dikurangi. Akan tetapi membatasi emisi karbondioksida terbukti sulit dilakukan. Sebagai contoh, Belanda, negara industrialis besar yang juga pelopor lingkungan, telah berhasil mengatasi berbagai macam polusi tetapi gagal untuk memenuhi targetnya dalam mengurangi produksi karbondioksida.Setelah tahun 1997, para perwakilan dari penandatangan Protokol Kyoto bertemu secara reguler untuk menegoisasikan isu-isu yang belum terselesaikan seperti peraturan, metode dan pinalti yang wajib diterapkan pada setiap negara untuk memperlambat emisi gas rumah kaca. Para negoisator merancang sistem di mana suatu negara yang memiliki program pembersihan yang sukses dapat mengambil keuntungan dengan menjual hak polusi yang tidak digunakan ke negara lain. Sistem ini disebut perdagangan karbon. Sebagai contoh, negara yang sulit meningkatkan lagi hasilnya, seperti Belanda, dapat membeli kredit polusi di pasar, yang dapat diperoleh dengan biaya yang lebih rendah. Rusia, merupakan negara yang memperoleh keuntungan bila sistem ini diterapkan. Pada tahun 1990, ekonomi Rusia sangat payah dan emisi gas rumah kacanya sangat tinggi. Karena kemudian Rusia berhasil memotong emisinya lebih dari 5 persen di bawah tingkat 1990, ia berada dalam posisi untuk menjual kredit emisi ke negara-negara industri lainnya, terutama mereka yang ada di Uni Eropa.
Global warming adalah suatu sejarah terburuk yg dialami oleh bumi sejak terbentuknya hingga sekarang. Saya tercengang sekali melihat akibatnya yang ditampilkan dalam film. Saya tidak menyangka akan seburuk itu. Yang berdampak terhadap seluruh kehidupan di muka bumi ini. Baik itu manusia, hewan hingga pada tumbuhan sekalipun.
Beberapa cara lain untuk mencegah terjadinya Pemanasan global atau Global warming:
• Berhemat energi. Seperti dalam penggunaan bahan bakar minyak, listrik (jangan pakai alat-alat elektronika kalau tidak jelas kebutuhannya).
• Menggunakan kendaraan bermotor seperlunya saja. Kalau hanya dekat, tidak perlu menggunakan motor atau mobil.
• Mengurangi pembakaran. Misal, pembakaran sampah, hindari pembakaran hutan.
• Penghijauan hutan
• Hindari penggunaan barang secara mubazir
• Untuk ekosistem laut, hindari perusakan karang dan pencarian ikan dengan merusak ( penggunaan bom atau semacamnya).
• Dan sebagai mahasiswa teknik Nuklir, saya sangat setuju sekali pembangunan PLTN, karena melihat kepentingan mengatasi Global warming
Read More - AKIBAT PEMANASAN GLOBAL

GLOBAL WARMING

Diposkan oleh cika wanda di 02.05 0 komentar

Pengertian Pemanasan global atau Global warming) – Pemanasan global / Global warming adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi.Temperatur rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.18 °C selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, “sebagian besar peningkatan temperatur rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca.

Meningkatnya temperatur global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya muka air laut, meningkatnya intensitas kejadian cuaca yang ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser dan punahnya berbagai jenis hewan. Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca.
Beberapa Penyebab Pemanasan global atau Global warming
1. Efek rumah kaca
Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari. Sebagian besar energi tersebut dalam bentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini mengenai permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi, akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini sebagai radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbondioksida, dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Hal tersebut terjadi berulang-ulang dan mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat. Gas-gas tersebut berfungsi sebagaimana kaca dalam rumah kaca. Dengan semakin meningkatnya konsentrasi gas-gas ini di atmosfer, semakin banyak panas yang terperangkap di bawahnya. Sebenarnya, efek rumah kaca ini sangat dibutuhkan oleh segala makhluk hidup yang ada di bumi, karena tanpanya, planet ini akan menjadi sangat dingin. Sehingga es akan menutupi seluruh permukaan Bumi. Akan tetapi, akibat jumlah gas-gas tersebut telah berlebih di atmosfer, pemanasan global menjadi akibatnya.
Read More - GLOBAL WARMING

PEMANASAN GLOBAL

Diposkan oleh cika wanda di 02.03 0 komentar

Pemanasan global (global warming) pada dasarnya merupakan fenomena peningkatan temperatur global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dinitrooksida (N2O) dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi. Berbagai literatur menunjukkan kenaikan temperatur global – termasuk Indonesia – yang terjadi pada kisaran 1,5–40 Celcius pada akhir abad 21.
Pemanasan global mengakibatkan dampak yang luas dan serius bagi lingkungan bio-geofisik (seperti pelelehan es di kutub, kenaikan muka air laut, perluasan gurun pasir, peningkatan hujan dan banjir, perubahan iklim, punahnya flora dan fauna tertentu, migrasi fauna dan hama penyakit, dsb). Sedangkan dampak bagi aktivitas sosial-ekonomi masyarakat meliputi : (a) gangguan terhadap fungsi kawasan pesisir dan kota pantai, (b) gangguan terhadap fungsi prasarana dan sarana seperti jaringan jalan, pelabuhan dan bandara (c) gangguan terhadap permukiman penduduk, (d) pengurangan produktivitas lahan pertanian, (e) peningkatan resiko kanker dan wabah penyakit, dsb). Dalam makalah ini, fokus diberikan pada antisipasi terhadap dua dampak pemanasan global, yakni : kenaikan muka air laut (sea level rise) dan banjir.
Dampak Kenaikan Permukaan Air Laut dan Banjir terhadap Kondisi Lingkungan Bio-geofisik dan Sosial-Ekonomi Masyarakat.
Kenaikan muka air laut secara umum akan mengakibatkan dampak sebagai berikut : (a) meningkatnya frekuensi dan intensitas banjir, (b) perubahan arus laut dan meluasnya kerusakan mangrove, (c) meluasnya intrusi air laut, (d) ancaman terhadap kegiatan sosial-ekonomi masyarakat pesisir, dan (e) berkurangnya luas daratan atau hilangnya pulau-pulau kecil.
Meningkatnya frekuensi dan intensitas banjir disebabkan oleh terjadinya pola hujan yang acak dan musim hujan yang pendek sementara curah hujan sangat tinggi (kejadian ekstrim). Kemungkinan lainnya adalah akibat terjadinya efek backwater dari wilayah pesisir ke darat. Frekuensi dan intensitas banjir diprediksikan terjadi 9 kali lebih besar pada dekade mendatang dimana 80% peningkatan banjir tersebut terjadi di Asia Selatan dan Tenggara (termasuk Indonesia) dengan luas genangan banjir mencapai 2 juta mil persegi. Peningkatan volume air pada kawasan pesisir akan memberikan efek akumulatif apabila kenaikan muka air laut serta peningkatan frekuensi dan intensitas hujan terjadi dalam kurun waktu yang bersamaan.





• Kenaikan muka air laut selain mengakibatkan perubahan arus laut pada wilayah pesisir juga mengakibatkan rusaknya ekosistem mangrove, yang pada saat ini saja kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan. Luas hutan mangrove di Indonesia terus mengalami penurunan dari 5.209.543 ha (1982) menurun menjadi 3.235.700 ha (1987) dan menurun lagi hingga 2.496.185 ha (1993). Dalam kurun waktu 10 tahun (1982-1993), telah terjadi penurunan hutan mangrove ± 50% dari total luasan semula.
• Apabila keberadaan mangrove tidak dapat dipertahankan lagi, maka : abrasi pantai akan kerap terjadi karena tidak adanya penahan gelombang, pencemaran dari sungai ke laut akan meningkat karena tidak adanya filter polutan, dan zona budidaya aquaculture pun akan terancam dengan sendirinya.
• Meluasnya intrusi air laut selain diakibatkan oleh terjadinya kenaikan muka air laut juga dipicu oleh terjadinya land subsidence akibat penghisapan air tanah secara berlebihan. Sebagai contoh, diperkirakan pada periode antara 2050 hingga 2070, maka intrusi air laut akan mencakup 50% dari luas wilayah Jakarta Utara.
• Gangguan terhadap kondisi sosial-ekonomi masyarakat yang terjadi diantaranya adalah : (a) gangguan terhadap jaringan jalan lintas dan kereta api di Pantura Jawa dan Timur-Selatan Sumatera ; (b) genangan terhadap permukiman penduduk pada kota-kota pesisir yang berada pada wilayah Pantura Jawa, Sumatera bagian Timur, Kalimantan bagian Selatan, Sulawesi bagian Barat Daya, dan beberapa spot pesisir di Papua ; (c) hilangnya lahan-lahan budidaya seperti sawah, payau, kolam ikan, dan mangrove seluas 3,4 juta hektar atau setara dengan US$ 11,307 juta ; gambaran ini bahkan menjadi lebih ‘buram’ apabila dikaitkan dengan keberadaan sentra-sentra produksi pangan yang hanya berkisar 4 % saja dari keseluruhan luas wilayah nasional, dan (d) penurunan produktivitas lahan pada sentra-sentra pangan, seperti di DAS Citarum, Brantas, dan Saddang yang sangat krusial bagi kelangsungan swasembada pangan di Indonesia. Adapun daerah-daerah di Indonesia yang potensial terkena dampak kenaikan muka air laut diperlihatkan pada Gambar 1 berikut.
• Terancam berkurangnya luasan kawasan pesisir dan bahkan hilangnya pulau-pulau kecil yang dapat mencapai angka 2000 hingga 4000 pulau, tergantung dari kenaikan muka air laut yang terjadi. Dengan asumsi kemunduran garis pantai sejauh 25 meter, pada akhir abad 2100 lahan pesisir yang hilang mencapai 202.500 ha.
• Bagi Indonesia, dampak kenaikan muka air laut dan banjir lebih diperparah dengan pengurangan luas hutan tropis yang cukup signifikan, baik akibat kebakaran maupun akibat penggundulan. Data yang dihimpun dari The Georgetown – International Environmental Law Review (1999) menunjukkan bahwa pada kurun waktu 1997 – 1998 saja tidak kurang dari 1,7 juta hektar hutan terbakar di Sumatra dan Kalimantan akibat pengaruh El Nino. Bahkan WWF (2000) menyebutkan angka yang lebih besar, yakni antara 2 hingga 3,5 juta hektar pada periode yang sama. Apabila tidak diambil langkah-langkah yang tepat maka kerusakan hutan – khususnya yang berfungsi lindung – akan menyebabkan run-off yang besar pada kawasan hulu, meningkatkan resiko pendangkalan dan banjir pada wilayah hilir , serta memperluas kelangkaan air bersih pada jangka panjang.
Antisipasi Dampak Kenaikan Muka Air Laut dan Banjir melalui Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional
Dengan memperhatikan dampak pemanasan global yang memiliki skala nasional dan dimensi waktu yang berjangka panjang, maka keberadaan RTRWN menjadi sangat penting. Secara

garis besar RTRWN yang telah ditetapkan aspek legalitasnya melalui PP No.47/1997 sebagai penjabaran pasal 20 dari UU No.24/1992 tentang Penataan Ruang memuat arahan kebijaksanaan pemanfaatan ruang negara yang memperlihatkan adanya pola dan struktur wilayah nasional yang ingin dicapai pada masa yang akan datang.
Pola pemanfaatan ruang wilayah nasional memuat : (a) arahan kebijakan dan kriteria pengelolaan kawasan lindung (termasuk kawasan rawan bencana seperti kawasan rawan gelombang pasang dan banjir) ; dan (b) arahan kebijakan dan kriteria pengelolaan kawasan

budidaya (hutan produksi, pertanian, pertambangan, pariwisata, permukiman, dsb). Sementara struktur pemanfaatan ruang wilayah nasional mencakup : (a) arahan pengembangan sistem permukiman nasional dan (b) arahan pengembangan sistem prasarana wilayah nasional (seperti jaringan transportasi, kelistrikan, sumber daya air, dan air baku.
Sesuai dengan dinamika pembangunan dan lingkungan strategis yang terus berubah, maka dirasakan adanya kebutuhan untuk mengkajiulang (review) materi pengaturan RTRWN (PP 47/1997) agar senantiasa dapat merespons isu-isu dan tuntutan pengembangan wilayah nasional ke depan. (mohon periksa Tabel 3 pada Lampiran). Oleh karenanya, pada saat ini Pemerintah tengah mengkajiulang RTRWN yang diselenggarakan dengan memperhatikan perubahan lingkungan strategis ataupun paradigma baru sebagai berikut :
• globalisasi ekonomi dan implikasinya,
• otonomi daerah dan implikasinya,
• penanganan kawasan perbatasan antar negara dan sinkronisasinya,
• pengembangan kemaritiman/sumber daya kelautan,
• pengembangan kawasan tertinggal untuk pengentasan kemiskinan dan krisis ekonomi,
• daur ulang hidrologi,
• penanganan land subsidence,
• pemanfaatan jalur ALKI untuk prosperity dan security, serta
• pemanasan global dan berbagai dampaknya.
Dengan demikian, maka aspek kenaikan muka air laut dan banjir seyogyanya akan menjadi salah satu masukan yang signifikan bagi kebijakan dan strategi pengembangan wilayah nasional yang termuat didalam RTRWN khususnya bagi pengembangan kawasan pesisir mengingat : (a) besarnya konsentrasi penduduk yang menghuni kawasan pesisir khususnya pada kota-kota pantai, (b) besarnya potensi ekonomi yang dimiliki kawasan pesisir, (c) pemanfaatan ruang wilayah pesisir yang belum mencerminkan adanya sinergi antara kepentingan ekonomi dengan lingkungan, (d) tingginya konflik pemanfaatan ruang lintas sektor dan lintas wilayah, serta (e) belum terciptanya keterkaitan fungsional antara kawasan hulu dan hilir, yang cenderung merugikan kawasan pesisir.
Berdasarkan studi yang dilakukan oleh ADB (1994), maka dampak kenaikan muka air laut dan banjir diperkirakan akan memberikan gangguan yang serius terhadap wilayah-wilayah seperti : Pantura Jawa, Sumatera bagian Timur, Kalimantan bagian Selatan, Sulawesi bagian Barat Daya, dan beberapa spot pada pesisir Barat Papua

Untuk kawasan budidaya, maka perhatian yang lebih besar perlu diberikan untuk kota-kota pantai yang memiliki peran strategis bagi kawasan pesisir, yakni sebagai pusat pertumbuhan kawasan yang memberikan pelayanan ekonomi, sosial, dan pemerintahan bagi kawasan tersebut. Kota-kota pantai yang diperkirakan mengalami ancaman dari kenaikan muka air laut diantaranya adalah Lhokseumawe, Belawan, Bagansiapi-api, Batam, Kalianda, Jakarta, Tegal, Semarang, Surabaya, Singkawang, Ketapang, Makassar, Pare-Pare, Sinjai. (Selengkapnya mohon periksa Tabel 1 pada Lampiran).
Kawasan-kawasan fungsional yang perlu mendapatkan perhatian terkait dengan kenaikan muka air laut dan banjir meliputi 29 kawasan andalan, 11 kawasan tertentu, dan 19 kawasan tertinggal. (selengkapnya mohon periksa Tabel 2 pada Lampiran).

Perhatian khusus perlu diberikan dalam pengembangan arahan kebijakan dan kriteria pengelolaan prasarana wilayah yang penting artinya bagi pengembangan perekonomian nasional, namun memiliki kerentanan terhadap dampak kenaikan muka air laut dan banjir, seperti :
• sebagian ruas-ruas jalan Lintas Timur Sumatera (dari Lhokseumawe hingga Bandar Lampung sepanjang ± 1600 km) dan sebagian jalan Lintas Pantura Jawa (dari Jakarta hingga Surabaya sepanjang ± 900 km) serta sebagian Lintas Tengah Sulawesi (dari Pare-pare, Makassar hingga Bulukumba sepanjang ± 250 km).
• beberapa pelabuhan strategis nasional, seperti Belawan (Medan), Tanjung Priok (Jakarta), Tanjung Mas (Semarang), Pontianak, Tanjung Perak (Surabaya), serta pelabuhan Makassar.
• Jaringan irigasi pada wilayah sentra pangan seperti Pantura Jawa, Sumatera bagian Timur dan Sulawesi bagian Selatan.
• Beberapa Bandara strategis seperti Medan, Jakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Semarang.
Untuk kawasan lindung pada RTRWN, maka arahan kebijakan dan kriteria pola pengelolaan kawasan rawan bencana alam, suaka alam-margasatwa, pelestarian alam, dan kawasan perlindungan setempat (sempadan pantai, dan sungai) perlu dirumuskan untuk dapat mengantisipasi berbagai kerusakan lingkungan yang mungkin terjadi.
Selain antisipasi yang bersifat makro-strategis diatas, diperlukan pula antisipasi dampak kenaikan muka air laut dan banjir yang bersifat mikro-operasional. Pada tataran mikro, maka pengembangan kawasan budidaya pada kawasan pesisir selayaknya dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa alternatif yang direkomendasikan oleh IPCC (1990) sebagai berikut :
• Relokasi ; alternatif ini dikembangkan apabila dampak ekonomi dan lingkungan akibat kenaikan muka air laut dan banjir sangat besar sehingga kawasan budidaya perlu dialihkan lebih menjauh dari garis pantai. Dalam kondisi ekstrim, bahkan, perlu dipertimbangkan untuk menghindari sama sekali kawasan-kawasan yang memiliki kerentanan sangat tinggi.

• Akomodasi ; alternatif ini bersifat penyesuaian terhadap perubahan alam atau resiko dampak yang mungkin terjadi seperti reklamasi, peninggian bangunan atau perubahan agriculture menjadi budidaya air payau (aquaculture) ; area-area yang tergenangi tidak terhindarkan, namun diharapkan tidak menimbulkan ancaman yang serius bagi keselamatan jiwa, asset dan aktivitas sosial-ekonomi serta lingkungan sekitar.
• Proteksi ; alternatif ini memiliki dua kemungkinan, yakni yang bersifat hard structure seperti pembangunan penahan gelombang (breakwater) atau tanggul banjir (seawalls) dan yang bersifat soft structure seperti revegetasi mangrove atau penimbunan pasir (beach nourishment). Walaupun cenderung defensif terhadap perubahan alam, alternatif ini perlu dilakukan secara hati-hati dengan tetap mempertimbangkan proses alam yang terjadi sesuai dengan prinsip “working with nature”.
Sedangkan untuk kawasan lindung, prioritas penanganan perlu diberikan untuk sempadan pantai, sempadan sungai, mangrove, terumbu karang, suaka alam margasatwa/cagar alam/habitat flora-fauna, dan kawasan-kawasan yang sensitif secara ekologis atau memiliki kerentanan tinggi terhadap perubahan alam atau kawasan yang bermasalah. Untuk pulau-

pulau kecil maka perlindungan perlu diberikan untuk pulau-pulau yang memiliki fungsi khusus, seperti tempat transit fauna, habitat flora dan fauna langka/dilindungi, kepentingan hankam, dan sebagainya.
Agar prinsip keterpaduan pengelolaan pembangunan kawasan pesisir benar-benar dapat diwujudkan, maka pelestarian kawasan lindung pada bagian hulu – khususnya hutan tropis - perlu pula mendapatkan perhatian. Hal ini penting agar laju pemanasan global dapat dikurangi, sekaligus mengurangi peningkatan skala dampak pada kawasan pesisir yang berada di kawasan hilir.
Kebutuhan Intervensi Kebijakan Penataan Ruang dalam rangka Mengantisipasi Dampak Pemanasan Global terhadap Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.
Dalam kerangka kebijakan penataan ruang, maka RTRWN merupakan salah satu instrumen kebijakan yang dapat dimanfaatkan untuk dampak pemanasan global terhadap kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil. Namun demikian, selain penyiapan RTRWN ditempuh pula kebijakan untuk revitalisasi dan operasionalisasi rencana tata ruang yang berorientasi kepada pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil dengan tingkat kedalaman yang lebih rinci.
Intervensi kebijakan penataan ruang diatas pada dasarnya ditempuh untuk memenuhi tujuan-tujuan berikut :
• Mewujudkan pembangunan berkelanjutan pada kawasan pesisir, termasuk kota-kota pantai dengan segenap penghuni dan kelengkapannya (prasarana dan sarana) sehingga fungsi-fungsi kawasan dan kota sebagai sumber pangan (source of nourishment) dapat tetap berlangsung.


• Mengurangi kerentanan (vulnerability) dari kawasan pesisir dan para pemukimnya (inhabitants) dari ancaman kenaikan muka air laut, banjir, abrasi, dan ancaman alam (natural hazards) lainnya.
• Mempertahankan berlangsungnya proses ekologis esensial sebagai sistem pendukung kehidupan dan keanekaragaman hayati pada wilayah pesisir agar tetap lestari yang dicapai melalui keterpaduan pengelolaan sumber daya alam dari hulu hingga ke hilir (integrated coastal zone management).
• Untuk mendukung tercapainya upaya revitalisasi dan operasionalisasi rencana tata ruang, maka diperlukan dukungan-dukungan, seperti : (a) penyiapan Pedoman dan Norma, Standar, Prosedur dan Manual (NSPM) untuk percepatan desentralisasi bidang penataan ruang ke daerah - khususnya untuk penataan ruang dan pengelolaan sumber daya kawasan pesisir/tepi air; (b) peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia serta pemantapan format dan mekanisme kelembagaan penataan ruang, (c) sosialisasi produk-produk penataan ruang kepada masyarakat melalui public awareness campaig, (d) penyiapan dukungan sistem informasi dan database pengelolaan kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil yang memadai, serta (e) penyiapan peta-peta yang dapat digunakan sebagai alat mewujudkan keterpaduan pengelolaan kawasan pesisir dan pulau-kecil sekaligus menghindari terjadinya konflik lintas batas.
• Selanjutnya, untuk dapat mengelola pembangunan kawasan pesisir secara efisien dan efektif, diperlukan strategi pendayagunaan penataan ruang yang senada dengan semangat otonomi daerah yang disusun dengan memperhatikan faktor-faktor berikut :
• Keterpaduan yang bersifat lintas sektoral dan lintas wilayah dalam konteks pengembangan kawasan pesisir sehingga tercipta konsistensi pengelolaan pembangunan sektor dan wilayah terhadap rencana tata ruang kawasan pesisir.
• Pendekatan bottom-up atau mengedepankan peran masyarakat (participatory planning process) dalam pelaksanaan pembangunan kawasan pesisir yang transparan dan accountable agar lebih akomodatif terhadap berbagai masukan dan aspirasi seluruh stakeholders dalam pelaksanaan pembangunan.
• Kerjasama antar wilayah (antar propinsi, kabupaten maupun kota-kota pantai, antara kawasan perkotaan dengan perdesaan, serta antara kawasan hulu dan hilir) sehingga tercipta sinergi pembangunan kawasan pesisir dengan memperhatikan inisiatif, potensi dan keunggulan lokal, sekaligus reduksi potensi konflik lintas wilayah
• Penegakan hukum yang konsisten dan konsekuen – baik PP, Keppres, maupun Perda - untuk menghindari kepentingan sepihak dan untuk terlaksananya role sharing yang ‘seimbang’ antar unsur-unsur stakeholders.
Read More - PEMANASAN GLOBAL
 

SYUKURI YANG ADA Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez